Pengamat: Pelemahan Rupiah Hanya Sementara

Kompas.com - 28/02/2018, 16:05 WIB
Ilustrasi uang kertas 100 dolar AS. TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWANIlustrasi uang kertas 100 dolar AS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah melemah hingga mencapai level Rp 13.700 pada hari ini, Rabu (28/2/2018). Pelemahan rupiah terjadi karena sentimen eksternal, yakni dari AS pasca pidato Pimpinan bank sentral AS Federal Reserve Jerome Powell.

Powell menyatakan, perekonomian AS dalam kondisi baik dan akan tumbuh pada tahun ini. Bank sentral pun akan menaikkan suku bunga acuan AS Fed Fund Rate (FFR) secara gradual sepanjang tahun 2018.

VP Economist PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengungkapkan, pernyataan Powell direspons oleh pasar dengan naiknya pula probabilitas kenaikan suku bunga AS. Ekspektasi ini mendorong koreksi di pasar saham AS dan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS (US Treasury yield), serta penguatan indeks dollar AS.

"Penguatan indeks dollar AS dan imbal hasil obligasi pemerintah AS tersebut mendorong pelemahan nilai tukar rupiah di atas Rp 13.700 per dollar AS," kata Josua ketika dihubungi Kompas.com.

Baca juga : Pelemahan Rupiah Disebabkan Sentimen dari AS

Josua menuturkan, penguatan nilai tukar dollar AS dan koreksi di pasar obligasi AS diperkirakan bersifat temporer. Sebab, umumnya pelaku pasar bereaksi sebelum kenaikan suku bunga AS.

"Justru setelah naik, biasanya market tidak terlalu reaktif," ungkap Josua.

Ke depan, berlanjutnya sentimen risk off di pasar akan dipengaruhi pernyataan Powell dan pejabat-pejabat The Fed lainnya. Selain itu, sejumlah rilis data ekonomi AS juga akan memberikan pengaruh, seperti pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal IV 2017 dan pengeluaran konsumsi pribadi (Personal Consumption Expenditure) yang bakal dirilis dalam hitungan hari.

Apabila data-data tersebut melemah, maka ekspektasi pasar tidak akan seoptimistis saat ini. Sehingga, ini akan mendorong rebound alias penguatan kembali di pasar obligasi AS dan dollar AS bisa kembali melemah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X