Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimisme Makin Berkembangnya Ekonomi Kreatif di Indonesia

Kompas.com - 28/02/2018, 16:32 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Mata Hari Santosa Sungkari terlihat berbinar saat bercerita tentang Jatiwangi Art Factory (JAF). Menurut arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, kegiatan JAF yang berada di Desa Surawangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mampu membuat kegiatan ekonomi di situ menggeliat.

Paling tidak, kata pria yang kini menjabat Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), JAF sukses menggelar kegiatan seni di bekas pabrik genteng di situ sejak beberapa tahun silam. Kegiatan seni mulai dari pertunjukan musik hingga film, sudah barang tentu membuat masyarakat sekitar terbantu mengisi pundi-pundi nafkah mereka. Hal ini menunjukkan adanya optimisme makin berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia.

"Ini sebagian dari kisah sukses bantuan pemerintah untuk ekonomi kreatif," tuturnya saat perhelatan sosialisasi Bantuan Pemerintah (Banper) Deputi Infrastruktur Bekraf tahun anggaran 2018 di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Hadir dalam kesempatan sosialisasi itu antara lain Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf (kiri) dan Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari (kanan) saat sosialisasi Bantuan Pemerintah (Banper) Deputi Infrastruktur untuk tahun 2018 di Jakarta, Rabu (28/2/2018). Kompas.com/Josephus Primus Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf (kiri) dan Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari (kanan) saat sosialisasi Bantuan Pemerintah (Banper) Deputi Infrastruktur untuk tahun 2018 di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Stimulan

Menurut pemaparan Selliane Halia Ishak, tahun ini, pihaknya tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 66 miliar untuk tiga bantuan paket yakni fasilitas revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif, fasilitas sarana ruang kreatif, dan fasilitas teknologi dan komunikasi. Rencananya, alokasi bantuan itu untuk 8 paket revitalisasi, 8 paket untuk sarana, dan 7 paket untuk teknologi dan komunikasi.

Program bantuan pemerintah tahun ini adalah pelaksanaan kali kedua. Pada pelaksanaan kali pertama, 2017, Deputi Infrastruktur memberikan 48 bantuan pemerintah yang tersebar mulai dari Sabang (Provinsi Aceh) hingga Kota Ambon (Provinsi Maluku). Anggarannya mencapai Rp 45,5 miliar.

Dalam pemaparannya, Selliane mengatakan bahwa bantuan pemerintah bukan bantuan sosial. "Ini adalah bantuan stimulan bagi pelaku ekonomi kreatif," kata Selliane.


Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari (kiri) dan Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak (kanan) saat sosialisasi Bantuan Pemerintah (Banper) Deputi Infrastruktur untuk tahun 2018 di Jakarta, Rabu (28/2/2018). Kompas.com/Josephus Primus Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari (kiri) dan Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak (kanan) saat sosialisasi Bantuan Pemerintah (Banper) Deputi Infrastruktur untuk tahun 2018 di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Selliane menambahkan bantuan pemerintah menyasar para pemangku kepentingan ekonomi kreatif yakni pemda kabupaten/kota, komunitas kreatif, lembaga adat, keraton, perguruan tinggi, dan koperasi. Ia juga menerangkan bahwa informasi berikut petunjuk teknis untuk mendapatkan bantuan pemerintah bisa dilihat melalui laman banper.bekraf.go.id .

Catatan Kompas.com menunjukkan Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif yang tercipta pada 2016 besarnya Rp 922, 59 triliun. Lantas, ekonomi kreatif berkontribusi 7,44 peren dari total perekonomian nasional.


Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar bantuan pemerintah berupa fasilitas revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif, fasilitas sarana ruang kreatif, dan fasilitas teknologi dan komunikasi untuk tahun 2018. Silakan klik laman banper.bekraf.go.idKompas.com/Josephus Primus Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar bantuan pemerintah berupa fasilitas revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif, fasilitas sarana ruang kreatif, dan fasilitas teknologi dan komunikasi untuk tahun 2018. Silakan klik laman banper.bekraf.go.id

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com