Selesai Dievaluasi, Proyek LRT Palembang dan Jabodebek Dilanjutkan Kembali

Kompas.com - 28/02/2018, 18:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua proyek infrastruktur yang digagas oleh Kementerian Perhubungan, yakni proyek light rail transit (LRT) di Palembang (Sumatera Selatan) dan LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi), kini sudah bisa dilanjutkan kembali.

Kedua proyek ini termasuk dua dari sekian proyek pembangunan infrastruktur berupa jalan layang (elevated) yang sempat dihentikan sementara oleh pemerintah, menyusul kecelakaan proyek di tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), beberapa waktu lalu.

"LRT Palembang dan LRT Jabodebek dinyatakan sudah bisa jalan lagi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

Baca juga : Luhut: Rangkaian Kereta LRT Jabodebek Dibuat dengan Komponen Lokal

Untuk proyek LRT di Palembang, sedianya disiapkan dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatang.

Evaluasi proyek sebelumnya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan memerhatikan sejumlah aspek seperti keamanan dan keselamatan proyek.

Dari perkembangan terakhir, disebutkan bahwa progress pengerjaan proyek LRT Palembang sudah mencapai 86 persen pada akhir Februari 2018.

Pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memastikan LRT Palembang dapat beroperasi saat Asian Games 2018 berlangsung.

Baca juga : Menteri PUPR Hentikan Sementara Semua Proyek Infrastruktur yang Elevated

Sementara untuk LRT Jabodebek, ditargetkan mulai beroperasi tahun 2019 mendatang. Budi menyebutkan, terhadap proyek lain yang masih dievaluasi, pihaknya tidak akan memberi toleransi jika nantinya didapati ada pelanggaran standar dan ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kompas TV LRT Segera Hadir di Bandung
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.