Urutan Pemblokiran Kartu SIM Prabayar Jika Tak Registrasi Jadi Berita Terpopuler

Kompas.com - 01/03/2018, 05:00 WIB
Ratusan warga di Ambon mengantre di  Kantor Telkomsel Ambon untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar mereka, Rabu (28/2/2018). KOMPAS.com/Rahmat Rahman PattyRatusan warga di Ambon mengantre di Kantor Telkomsel Ambon untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar mereka, Rabu (28/2/2018).
Penulis Aprillia Ika
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Batas waktu registrasi kartu SIM prabayar telah berlalu pada 28 Februari 2018. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), sudah lebih dari 200 juta pengguna yang berhasil melakukan registrasi.

Namun, cukup banyak yang mengaku gagal mendaftar meski sudah memasukkan dengan benar. Pengguna tidak perlu panik jika pendaftaran atau pendafataran ulang menggunakan NIK dan nomor KK yang benar ternyata gagal karena ada solusi dan alternatif yang bisa ditempuh dengan mudah.

Hal pertama yang sebaiknya dicoba adalah dengan mengulang pendaftaran melalui SMS ke 4444.

Sebuah trik yang bisa Anda lakukan adalah mengulang lima kali mengirim data lewat SMS. Jika pengguna telah mengulang lima kali, tetapi tetap gagal, biasanya akan muncul pesan berisi tindakan yang mesti dilakukan.

Pesan yang muncul pun beragam, kartu Anda bisa disebutkan telah aktif, tetapi tetap harus mengulangi pengiriman data. Ada juga pesan yang menyebut informasi NIK dan nomor KK yang dimasukkan salah atau tidak terdaftar.

Jika menemui pesan ini, Anda disarankan melakukan konfirmasi ke layanan pelanggan Ditjen Dukcapil HALO DUKCAPIL melalui panggilan telepon ke 1500-537.

Layanan Dukcapil juga dapat ditemui di Facebook Ditjen Dukcapil, Twitter @ccdukcapil, dan e-mail callcenter.dukcapil@gmail.com.

Sebagai alternatif, pengguna juga bisa langsung datang ke gerai milik operator kemudian melakukan pendaftaran secara manual dan mengisi surat pernyataan.

Selain pendaftaran melalui SMS, operator telekomunikasi Indosat, XL Axiata (XL), Telkomsel, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren juga membuka saluran pendaftaran kartu SIM prabayar melalui situs resmi.

Berikut lima berita terpopuler di kanal ekonomi Kompas.com pada Rabu (28/2/2018) yang bisa Anda baca kembali pagi ini.

1. Ini Urutan Pemblokiran Kartu Prabayar jika Belum Registrasi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X