Henley Passport Index, Singapura dan Jepang Peringkat Pertama, Indonesia ke-69

Kompas.com - 01/03/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi Macam-macam paspor Bet_NoireIlustrasi Macam-macam paspor

JAKARTA, KOMPAS.com - Henley & Partners, lembaga pemeringkat internasional di bidang travel, kembali mengeluarkan Henley Passport Index pada Rabu (28/2/2018).

Henley Passport Index menampilkan negara-negara mana saja yang memiliki akses paspor paling luas dan perkembangan tiap negara dalam hal mendapatkan akses bebas visa ke negara lain di seluruh dunia.

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com pada Kamis (1/3/2018), tertera bahwa Singapura dan Jepang menjadi negara dengan peringkat pertama dalam Henley Passport Index 2018. Peringkat ini diraih untuk cakupan global maupun regional di Asia Tenggara untuk Singapura.

"Pemilik paspor Singapura punya akses bebas visa ke 180 negara, begitupun dengan paspor Jepang," kata Managing Partner of Henley & Partners Singapore and Head of Southeast Asia, Dominic Volek.

Baca juga : Ini Daftar Paspor yang Paling Diincar Orang Kaya di Dunia

Kekuatan paspor Singapura bahkan telah menyalip paspor Jerman yang hanya punya akses bebas visa ke 179 negara.

Jerman kini menduduki peringkat kedua secara global dalam Henley Passport Index 2018, disusul dengan paspor Perancis, Italia, Spanyol, Denmark, Finlandia, Swedia, dan Korea Selatan di peringkat ketiga.

Untuk kawasan Asia Tenggara, paspor Malaysia menduduki peringkat kedua setelah Singapura, dengan raihan akses bebas visa ke 169 negara. Paspor Malaysia secara global menempati peringkat ke-11.

Kemudian di peringkat ketiga ada paspor Brunei Darussalam, disusul oleh Timor Leste di peringkat keempat, Thailand di peringkat kelima, Indonesia peringkat keenam, Filipina peringkat ketujuh, Kamboja dan Vietnam di peringkat kedelapan, Laos di peringkat kesembilan, serta Myanmar di peringkat kesepuluh.

Baca juga : Henley Passport Index, Indonesia Duduki Peringkat ke-72 Dunia

Khusus untuk paspor Indonesia, Volek mengatakan ada progress yang signifikan selama beberapa waktu terakhir.

Paspor Indonesia dalam Henley Passport Index menjadi paspor dengan kenaikan peringkat yang signifikan, di mana sebelumnya Indonesia peringkat ke-72 kemudian bisa naik tiga peringkat dalam waktu satu bulan lebih.

"Sekarang paspor Indonesia memiliki akses bebas visa ke 70 negara dan menempati peringkat keenam untuk regional Asia Tenggara," tutur Volek.

Kompas TV Kantor Imigrasi kelas 1 Jambi, menangkap satu orang warga asing asal Myanmar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.