Pasca-Kasus Penembakan Massal Florida, Walmart Naikkan Batas Usia Pembeli Senjata

Kompas.com - 02/03/2018, 09:35 WIB
Gerai Walmart Kathy deWitt / AlamyGerai Walmart
Penulis Aprillia Ika
|

KOMPAS.com - Jaringan peritel raksasa AS Walmart menyatakan tidak akan menjual senjata api ke pembeli di bawah usia 21 tahun menyusul maraknya penembakan di sekolah di AS. Sebelumnya sebanyak 17 orang meninggal dunia dalam penembakan di semua sekolah menengah atas di Parkland, Florida.

Selain Walmart, peritel lain yakni Dick's Sporting Goods Inc juga sudah menaikkan batas usia pembeli senjata di gerainya, menjadi di atas 21 tahun.

Walmart dan Dick's bereaksi atas kasus penembakan di Parkland tersebut. "Kami menganggap serius kejadian tersebut sebagai tanggungjawab kami, sebagai penjual senjata api," ujar Walmart dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari MarketWatch.

Baca juga : Penembakan Massal Florida, Permintaan Pelindung Anti-peluru Meningkat

Walmaft menjual aneka senjata seperti senapan laras panjang (rifle), senapan gentel (shotgun) dan ribuan amunisi.

Pada 2015 sebelum kejadian penembakan di Parkland, Walmart menghentikan penjualan sejumlah senjata jenis assault-style rifle.

Pasca-penembakan, Walmart menghentikan penjualan assault-style rifle merek Field & Stream chain di 35 lokasi tokonya.

Baca juga : Cegah Penembakan Massal, Sekolah Ini Larang Tas Punggung

Dibawah UU saat ini, penjual senjata berlisensi bisa menjual senjata tangan ke seseorang dengan umur 21 tahun dan menjual rifle ke pembeli berusia 18 tahun.

Presiden AS Donald Trump dan Gubernur Florida Rick Scott disebut mendukung kenaikan umur pembeli senjata api, namun hal itu ditolak oleh Asosiasi Rifle Nasional.

Kompas TV Polisi terus mendalami penyidikan kasus penembakan dokter Letty oleh suaminya sendiri dokter Ryan Helmi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X