Menhub ke Stasiun Manggarai Cari Penyebab Gangguan Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 02/03/2018, 11:31 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018).
Penulis Achmad Fauzi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (2/3/2018). 

Kunjungan ini untuk mencari tahu penyebab gangguan mati sementara Kereta Bandara Soekarno-Hatta, pada Kamis (1/3/2018) malam. 

Dalam kunjungan tersebut, menhub didampingi oleh Direktur Jenderal Pereketaapian Kemenhub Zulfikri dan Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto. 

Setelah berbincang dengan dua orang tersebut, Menhub meminta jajarannya dan operator kereta bandara PT Railink untuk melakukan kajian penyebab gangguan mati sementara Kereta Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca juga : Ini Jadwal Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta

"Kemarin kan ada kejadian. Jadi hari ini mereka (pihak Kemenhub dan operator) akan melakukan suatu penelitian. Saya minta besok laporannya ada. Nanti kami akan bahas di Bandung," kata dia. 

Di tempat yang sama, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, kajian penyebab tersebut akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

"Tadi kami tindaklanjuti kejadian tadi malam. Pak Menteri udah minta KNKT lakukan evaluasi dan dilaporkan besok siang. KNKT akan turun hari ini lihat apa yang terjadi," jelas dia. 

Atas kejadian ini, Zulfikri meminta maaf kepada para penumpang kereta bandara yang terdampak dari gangguan mati sementara tersebut. Menurut dia, dalam kejadian itu terdapat 62 orang yang menaiki kereta Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca juga : Peminat Kereta Bandara Rendah, Menhub Pertimbangkan Penambahan Jadwal

"Atas kejadian ini kami harapkan tidak terulang lagi. Kami siapkan berbagai antisipasi agar lebih baik lagi," pungkas dia. 

Sebelumnya, Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sempat mengalami gangguan pada Kamis (1/3/2018) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Listrik di dalam kereta padam dan kereta pun terhenti saat akan berangkat dari Stasiun Batu Ceper, Tangerang menuju Stasiun Bandara Soetta.

Kereta tersebut berangkat dari Stasiun BNI City, Sudirman Baru pada pukul 18.50 WIB dengan total penumpang sebanyak 62 orang, dan 34 orang penumpang mengakhiri perjalanan di Stasiun Batu Ceper.

Kompas TV Sejauh ini belum diketahui penyebab robohnya pintu gerbang jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X