Bus Listrik Buatan Dalam Negeri Segera Diuji Coba di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 03/03/2018, 16:34 WIB
Bus listrik milik PT Mobil Anak Bangsa . KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIBus listrik milik PT Mobil Anak Bangsa .

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) menandatangani kerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero). Kerja sama ini terkait dengan uji coba penggunaan bus listrik produksi MAB untuk digunakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan, jumlah bus yang akan diuji coba penggunaannya adalah sebanyak dua unit. Bus tersebut akan digunakan baik pada sisi udara (air side) maupun sisi darat (land side) bandara.

"Pengangkutan penumpang di bandara itu kan di air side untuk melayani ground handling maskapai," kata Awaluddin di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (3/3/2018).

Adapun untuk di sisi darat, bus listrik ini direncanakan bakal digunakan untuk perpindahan penumpang antar terminal, yakni Terminal 1, 2, dan 3. Awaluddin menyebut, bus tersebut akan terus bergerak dari dan ke masing-masing terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang panjang lintasannya mencapai 3 kilometer.

Baca juga : Apakah Mobil Listrik Benar-benar Ramah Lingkungan?

Meskipun demikian, Awaluddin mengungkapkan, penggunaan bus listrik tersebut masih berupa uji coba. Adapun uji coba masih akan dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan belum di bandara-bandara lainnya yang dioperasikan oleh Angkasa Pura II.

"Masing-masing bandara memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Saat ini di Soekarno-Hatta dulu," ucap Awaluddin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun demikian, ia belum dapat memastikan kapan bus listrik buatan MAB tersebut mulai diuji coba. Sebab, bus listrik masih menunggu rampungnya uji kelaikan.

"Kami tunggu saja MAB kapan (bisa mulai uji coba). Kalau sudah selesai sertifikasi, uji kelaikan, jalan, segala macam, kita jalan," ujar Awaluddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.