Tahun 2017, Chandra Asri Raup Laba Bersih 319,2 Juta Dollar AS

Kompas.com - 05/03/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi laporan keuangan Thinkstock/alzayIlustrasi laporan keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) melaporkan laba bersih untuk tahun 2017 sebesar 319,2 juta dollar AS. Angka tersebut tumbuh 6,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 300,1 juta dollar AS.

"Kami diuntungkan dari kondisi industri petrokimia yang baik dengan marjin produk sehat yang berkesinambungan dan mencapai tingkat operasi yang tinggi untuk menghasilkan volume penjualan yang lebih tinggi dengan peningkatan skala operasi," kata Presiden Direktur TPIA Erwin Ciputra dalam laporan kinerja keuangan perseroan, Senin (5/3/2018).

Erwin menuturkan, pada tahun 2017, perseroan juga memperkuat permodalan dengan melakukan rights  issue sebesar 377,2 juta dollar AS. TPIA juga menerbitkan obligasi internasional 7NC4 untuk mendanai rencana ekspansi ke depan.

Baca juga : Chandra Asri Rights Issue Rp 5 Triliun

"Ke depan, kami akan berupaya mengoperasikan tingkat utilisasi pabrik yang tinggi, memastikan keamanan operasi dan mengoptimalkan portofolio produk perseroan serta menyelesaikan proyek-proyek ekspansi sesuai rencana," ungkap Erwin.

Perseroan pun mencatatkan kenaikan laba sebesar 25,3 persen pada tahun 2017 menjadi 2,418 miliar dollar AS dibandingkan 1,930 miliar dollar AS pada tahun 2016. Pendapatan meningkat didorong kenaikan volume penjualan dan tingkat utilitas pabrik yang lebih tinggi.

Baca juga : Chandra Asri Memulai Studi Kelayakan Pembangunan Kompleks Petrokimia di Cilegon

Sementara itu, EBITDA meningkat 8 persen menjadi 550,3 juta dollar AS pada tahun 2017 dibandingkan 509,5 juta dollar AS pada 2016. Ini sejalan dengan peningkatan volume penjualan dan perbaikan pada marjin produk, sebagian diimbangi kenaikan harga bahan baku sejalan kenaikan harga minyak mentah.

Jumlah aset meningkat sebesar 40,3 persen menjadi 2,987 miliar dollar AS. Ini terutama dari kas dan setara kas yang lebih besar, berasal dari hasil rights issue dan penerbitan obligasi.

Kompas TV Jaringan restoran terbesar di dunia, Mc Donald's merhasil mendongkrak penjualan secara global sampai dengan 6% persen di kuartal III.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X