Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi ke Arab Saudi, Kimia Farma Akuisisi Dawaa

Kompas.com - 05/03/2018, 12:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kimia Farma Tbk mengumumkan akuisisi saham mayoritas Dawaa Medical Limited Company (Dawaa) sebagai langkah awal ekspansi bisnisnya ke Arab Saudi.

Melalui akuisisi tersebut, Kimia Farma mengambil alih 60 persen saham Dawaa senilai nilai 38 juta riyal Arab Saudi atau setara Rp 139 miliar, dengan skema penerbitan saham baru. Dari akuisisi tersebut kemudian lahir anak usaha baru bernana Kimia Farma Dawaa yang beroperasi di Arab Saudi.

"Ini jadi langkah awal kita melakukan ekspansi ke Arab Saudi dan harapannya dari sana nanti juga bisa masuk ke Afrika," jelas Direktur Utama Kimia Farma Honesty Basyir usai penandatanganan shareholder agreement, di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Baca juga : Daftar dan Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa di Apotek Kimia Farma

Dia menambahkan, ekspansi tersebut sekaligus sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah untuk memberi pekayanan kesehatan terhadap jamaah haji serta umroh asal Indonesia.

Adapun kegiatan operasional Dawaa dalam bidang perdagangan farmasi hingga kosmetik sekarang ditopang oleh 31 gerai (apotek) yang tersebar di Makkah serta Madinnah. Pasca akuisisi tersebut, rencananya Kimia Farma Dawaa akan menambah gerai hingga mencapai 90 unit.

"Kami memilih Arab Saudi sebagai pintu masuk karena prospek bisnisnya menjanjikan. Estimasi nilai pasar farmasi di sana mencapai 20 miliar dollar AS di 2020 nanti," pungkasnya.

Kompas TV Presiden Joko Widodo mengakui saat ini industri farmasi Indonesia masih sangat bergantung pada bahan baku impor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com