BTPN Kucurkan Kredit Rp 300 Miliar untuk Andalan Finance

Kompas.com - 06/03/2018, 19:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andalan Finance memperoleh fasilitas kredit dari PT Bank Tabungan Pnesiunan Nasional Tbk sebesar Rp 300 miliar. Fasilitas kredit tersebut diberikan dalam bentuk Pinjaman Angsuran Berjangka.

Presiden Direktur Andalan Finance Frans F Rundengan mengatakan, pada tahun 2018, pihaknya menargetkan kebutuhan pendanaan mencapai Rp 6 triliun.

Kredit ini akan digunakan untuk mendukung fokus bisnis perseroan pada pembiayaan kendaraan roda empat, baik baru maupun bekas.

Frans menuturkan, Andalan Finance menargetkan penyaluran pembiayaan tumbuh 8 persen tahun ini.

“Fasilitas pendanaan tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung target penyaluran pembiayaan sampai dengan akhir tahun 2018 yang kami proyeksikan mencapai Rp 4,8 triliun atau tumbuh 8 persen dibanding perolehan tahun 2017,” kata Frans dalam pernyataannya, Selasa (6/3/2018).

Pada tahun 2017, Andalan Finance membukukan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 4,4 triliun atau tumbuh sebesar 27 persen dibandingkan tahun 2016. Komposisi pembiayaan ini terdiri dari mobil baru sebesar 28 persen dan sisanya untuk mobil bekas sebesar 72 persen.

Pertumbuhan penyaluran pembiayaan di Andalan Finance akan mendukung pertumbuhan laba PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) sebagai induk usaha dari Andalan Finance.

Terlebih lagi, pertumbuhan laba ini akan lebih tinggi setelah Bintraco Dharma menyelesaikan proses peningkatan saham di PT Bahtera Multi Niaga pada akhir Desember 2017.

Peningkatan saham ini turut meningkatkan kontribusi laba dari anak-anak usahanya, salah satunya Andalan Finance. Bintraco Dharma akan terus memaksimalkan pertumbuhan laba dari kemitraan strategis.

Sementara itu, sepanjang tahun 2017 lalu, total pendanaan yang telah diperoleh Andalan Finance mencapai Rp 4,8 triliun. Angka tersebut meningkat 270 persen dari tahun sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.