Darmin Sebut Tarif Impor Baja AS Tantangan bagi Indonesia

Kompas.com - 07/03/2018, 21:22 WIB
Menko Perekonomian Darmin Nasution Kemenko PerekonomianMenko Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut pihaknya akan membahas secara khusus dengan lembaga atau kementerian terkait mengenai tarif impor baja yang diterapkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Trump mengatur kebijakan baru untuk impor baja dan impor alumunium, yakni 10 persen untuk impor baja dan tarif 25 persen untuk impor alumunium.

"Dunia akan mengalami dampaknya, bahwa China, Jerman yang tadinya ekspor baja banyak ke Amerika, pasti akan cari pasar lain," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Rabu (7/3/2018).

Ketika ditanya mengenai dampaknya terhadap Indonesia, Darmin belum bisa memastikan secara jelas. Namun, dia menilai kebijakan di AS bisa jadi tantangan tersendiri karena bisa jadi Indonesia merupakan salah satu pasar ekspor baja ketika AS menerapkan tarif tinggi, khususnya dari China.

Baca juga: China Dinilai Harus Respons Kebijakan Tarif Impor Baja dan Aluminium AS

"Buat industri baja kita, itu tantangan. Tapi, buat konsumen belum tentu, konsumen kan senang-senang saja kalau harganya jadi murah," tutur Darmin.

Sejumlah pihak sebelumnya banyak yang mengkritik kebijakan baru dari Trump tersebut. Hal itu dikarenakan dampak dominonya akan menyasar ke banyak pihak, termasuk terhadap industri, namun di satu sisi menguntungkan produsen baja serta alumunium dalam negeri AS.

Lebih jauh lagi, kebijakan tersebut dikhawatirkan berdampak buruk pada perdagangan dunia. Pada akhirnya, hal itu semua nanti akan berpengaruh pada perlambatan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.