Antisipasi Fluktuasi Rupiah, XL Axiata Telah Lakukan Lindung Nilai - Kompas.com

Antisipasi Fluktuasi Rupiah, XL Axiata Telah Lakukan Lindung Nilai

Kompas.com - 09/03/2018, 13:25 WIB
Konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham PT XL Axiata Tbk di Jakarta, Jumat (9/3/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham PT XL Axiata Tbk di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beberapa waktu terakhir, nilai tukar rupiah melemah cukup signifikan terhadap dollar AS. Bahkan, pada Kamis (8/3/2018) kemarin, nilai tukar rupiah ditutup pada level Rp 13.816 per dollar AS.

Direktur PT XL Axiata Tbk (EXCL) Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengungkapkan, pihaknya relatif tidak terdampak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Pasalnya, XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi terkait pergerakan kurs.

"Kalau melihat loan (pinjaman) kami, rasionya 30 banding 70. 30 itu adalah foreign debt (utang dalam mata uang asing)," ujar Adlan dalam konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) XL Axiata di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Adlan menyebut, sebagian besar utang perseroan dalam valas sudah dilindung nilai (hedging), sehingga fluktuasi kurs tidak berdampak besar terhadap perseroan. Di samping itu, belanja modal perseroan pun sudah dikonversi ke rupiah.

"Sehingga, fluktuasi rupiah terhadap dollar AS dampaknya ke XL Axiata tidak signifikan," terang Adlan.

Ia pun menyatakan, perseroan telah melakukan langkah pengelolaan terkait fluktuasi nilai tukar sejak 1 hingga 2 tahun lalu. Dengan demikian, pergerakan kurs seperti saat ini sudah lebih dahulu diantisipasi oleh XL Axiata.


Hingga siang ini, nilai tukar rupiah berada pada level Rp 13.785 per dollar AS. Angka tersebut menguat dibandingkan posisi pada pembukaan perdagangan, yakni Rp 13.793 per dollar AS.

Sepanjang perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah bergerak pada kisaran Rp 13.773 hingga Rp 13.806 per dollar AS. Pada penutupan perdagangan kemarin, rupiah bertengger pada posisi Rp 13.816 per dollar AS.

Komentar
Close Ads X