PayPal: 58 Persen Freelancer di Asia Tenggara Pernah Tak Dibayar atas Pekerjaan Mereka

Kompas.com - 09/03/2018, 17:05 WIB
Logo PayPal MashableLogo PayPal

JAKARTA, KOMPAS.com - Studi terbaru PayPal menunjukkan bahwa bahwa 58 persen freelancer di Asia Tenggara pernah tidak dibayar atas jasa mereka.

Hampir setengah responden (48,5 persen) menilai bahwa masalah pembayaran erat kaitannya dengan pandangan terhadap profesi freelancer.

Survei online PayPal  yang bertajuk “Global Freelancer Survey” ini diikuti oleh 11.324 freelancer dan freelance considerer  dari 22 pasar di seluruh dunia, termasuk 1.602 freelancer atau freelance considerers dari Indonesia, Singapura, Vietnam dan Filipina.

Terkait dengan kondisi tersebut, survei ini membuktikan kemampuan platform digital dalam menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi para pekerja lepas untuk menerima pembayaran serta mengakses kesempatan untuk pekerjaan yang baru.

Managing Director PayPal Asia Tenggara dan Head of Merchant Support PayPal APAC Rahul Shinghal mengatakan, banyak anak muda lebih memilih bekerja secara lepas karena mereka dapat menjadi bos untuk diri sendiri dan memiliki lebih banyak fleksibilitas dibandingkan karyawan yang setiap hari harus bekerja dari pagi sampai sore.

"Sebagai bagian dari ekonomi global, penting bagi para freelancer untuk memperoleh penghargaan yang setara dengan tenaga profesional lainnya. Kita harus membantu mengangkat status freelancer sebagai bagian dari komunitas dan memberdayakan kemandirian mereka,” katadia dalam keterangan resmi pekan ini.

Terkait dengan hasil studi tersebut, Rahul menyatakan platform pembayaran digital memiliki peran penting terhadap para pekerja lepas di Asia Tenggara. Hal ini karena bisa membantu mengatasi masalah persepsi melalui metode pembayaran yang lebih aman dan mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui platform digital, para pekerja lepas dari seluruh kawasan dapat menikmati berbagai metode pembayaran yang menawarkan keamanan dan kecepatan dalam mengirimkan tagihan kepada pelanggan dan menerima pembayaran.

Pembayaran melalui PayPal dan transfer bank adalah metode yang paling disenangi oleh para pekerja lepas di kawasan ini.

Lebih banyak responden menerima pembayaran melalui PayPal (85 persen) dibanding transfer bank (79 persen). PayPal dinyatakan sebagai metode pembayaran yang paling diterima di Filipina (92 persen), Indonesia (88 persen), dan Singapura (76 persen).

Sementara di Vietnam kebanyakan pekerja lepas memilih menerima pembayaran melalui transfer bank (87 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.