Pekan Depan Pemerintah Gelontorkan Stok Beras ke Pasar

Kompas.com - 09/03/2018, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan pihaknya akan mengeluarkan stok beras pemerintah ke pasar mulai pekan depan. Hal itu dilakukan untuk menurunkan harga beras di pasaran seiring dengan masa panen raya yang akan tiba beberapa saat lagi.

"Kami sudah rapat, kemudian kami siapkan lalu kami gelontorin. Semua pedagang dan penjual beras dengan harga Rp 9.450, setelah itu kami periksa," kata Enggar saat ditemui dalam acara Food Security Summit-4 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Enggar mengatakan, jumlah beras yang akan dilepas ke pasar akan menyesuaikan kebutuhan dan perhitungan dengan tujuan menurunkan harga beras di pasaran. Keputusan untuk melepas stok beras ke pasar disebut Enggar sudah menjadi kesepakatan yang diraih melalui rapat koordinasi terbatas (rakortas) pemerintah.

Mengenai stok beras yang hendak dilepas ke pasar, Enggar meminta tidak ada yang khawatir terhadap produksi padi dalam negeri. Berdasarkan aturan yang berlaku, pemerintah melalui Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog) wajib menyerap gabah hasil petani, dengan catatan harganya di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP).

Baca juga: Mendag: Beras Impor Tidak Langsung Disebar, Tapi Buat Cadangan

Pemerintah sebelumnya memerintahkan Perum Bulog untuk mengimpor hingga maksimal 500.000 ton beras dalam rangka stabilisasi harga pasar. Batas waktu untuk mengimpor beras dari sejumlah negara produsen adalah akhir Februari 2018 lalu, di mana beras yang diimpor tidak akan dikeluarkan hingga ada keputusan rakortas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.