Ketahui Hak-Hak Konsumen di Pasar Keuangan

Kompas.com - 10/03/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

KOMPAS.com - Bulan Maret biasanya diperingati masyarakat dunia sebagai International Consumer Rights Day atau Hari Hak-Hak Konsumen. Hari Konsumen Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Maret di seluruh dunia.

Hari ini diperingati sebagai momentum bagi masyarakat dunia untuk membangun kesadaran tentang hak-hak dan kebutuhan konsumen.

Menilik ke belakang, gerakan Hari Konsumen Sedunia ini terinspirasi dari langkah Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, saat mengajukan undang-undang tentang hak konsumen yaitu pada tanggal 15 Maret 1962.

Kennedy tercatat sebagai presiden pertama di dunia yang menempuh langkah itu. Maka itu, sejak tahun 1983, dunia memperingati tanggal 15 Maret sebagai Hari Hak Konsumen Sedunia.

Baca juga : Dituntut Konsumen Rp 1 Triliun, Ini Kata Djarum dan Gudang Garam

Bagi masyarakat Indonesia, hari kesadaran hak konsumen ini juga bisa dimanfaatkan sebagai momentum penting untuk melihat lagi hak-hak sebagai konsumen. Lebih spesifik lagi sebagai konsumen produk finansial.

Seperti Anda tahu, produk keuangan yang dipasarkan sangat banyak. Mulai dari kartu kredit, asuransi, produk investasi juga, dan lain sebagainya. Ada banyak kasus juga di mana para konsumen produk keuangan ini merasa dirugikan.

Misalnya, nasabah asuransi saat klaim kerugian, ternyata tidak bisa dibayar klaimnya karena ada syarat dan ketentuan yang ternyata belum dipahami, dan lain sebagainya.

Nah, supaya tidak sampai terjadi hal-hal seperti itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja hak sebagai konsumen produk keuangan, sesuai regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. Hak mendapatkan informasi sejelas-jelasnya

Sebagai konsumen produk keuangan, Anda memiliki hak untuk mendapatkan informasi tentang produk keuangan tersebut dengan sejelas-jelasnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X