Mengenang Kisah Sukses Hari Darmawan, Pendiri Matahari Department Store

Kompas.com - 11/03/2018, 16:09 WIB
Pendiri Matahari Department Store Hari Darmawan Dok. Polsek Cisarua/TribunnewsBogor.comPendiri Matahari Department Store Hari Darmawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Matahari Department Store dan juga pemilik Taman Wisata Matahari (TMW), Hari Darmawan, meninggal dunia di Bogor pada Sabtu (10/3/2018).

Hari diduga terjatuh ke sungai saat akan melihat villanya yang tak jauh dari objek wisata TWM Puncak, Jumat (9/3/2018) malam.

Semasa hidupnya, Hari dikenal sukses sebagai raja ritel Indonesia. Kisah hidupnya mirip dengan kisah-kisah pebisnis tulen kelas dunia.

Mengutip arsip Kompas, Kamis 4 Juli 1996 silam, Hari mulai dengan merangkak dari dasar dan sampai di puncak setelah meniti tangga karier yang panjang.

Hari memulai perjuangannya dengan membuka toko pakaian di Pasar Baru, Jakarta, tahun 1958. Saat itu usianya masih 18 tahun. Lantai dasar toko kecil itu digunakan untuk menjual pakaian, sementara lantai atas digunakan istrinya menjahit pakaian.

Baca juga : Pengusaha Hari Darmawan Diduga Meninggal Karena Terjatuh ke Sungai Ciliwung

Perjuangannya ketika itu bukan hanya agar dagangan laku, tetapi juga agar tidak diganggu para perusuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pasar Baru masa itu seperti Chicago di Amerika Serikat," tutur Hari.

Kala itu banyak penyamun berada di kawasan Pasar Baru, mereka pun bersenjatakan golok. Tak bisa berbuat banyak, kondisi itu membuat bisnis Hari tidak berkembang pesat.

"Lagi pula, dulu tidak bisa ngutang. Semuanya mesti dengan cash (tunai). Kalau tidak punya uang cash, you tidak bakal dapat barang," jelasnya.

Bakat bisnis Hari, yang lahir di Makassar, 27 Mei 1940 muncul. Ia pinjam uang dengan bunga 20 persen, lalu membeli barang yang biasanya naik 30 persen, begitu seterusnya sehingga secara pasti ia memperoleh modal yang cukup besar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.