Bisnis Martabak Putra Sulung Jokowi Ekspansi ke Filipina - Kompas.com

Bisnis Martabak Putra Sulung Jokowi Ekspansi ke Filipina

Kompas.com - 12/03/2018, 07:07 WIB
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep saat berduel kuliner di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (11/3/2018)Kompas.com/YOGA SUKMANA Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep saat berduel kuliner di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (11/3/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayap bisnis kuliner putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mulai mengepak lebar. Tahun ini, bisnis martabak dengan brand Markobar miliknya akan ekspansi ke Filipina.

Gibran yang ditemui di gerai Markobar, Cikini, Jakarta, mengatakan, sudah mendapatkan lokasi strategis untuk membuka gerai perdana Markobar di luar negeri.

"Di Manila, tempatnya di dalam mall," ujarnya di Jakarta, Minggu (11/3/2018).

Pria berusia 30 tahun itu memiliki alasan memilih Filipina sebagai negara pertama di luar Indonesia yang akan dijamah lewat kuliner martabak Markobar itu.

Baca juga: Gibran, "E-Fishery", dan Lele

Menurut dia, sudah beberapa kali Markobar menjajakan diri di Filipina dalam berbagai pameran. Hasilnya kata Gibran, sambutan masyarakat Filipina sangat antusias.

Lantaran hal itu, ia meyakini bahwa bisnis martabak Markobar yang ia besarkan sejak 2015 lalu akan memiliki prospek yang cerah.

Saat ini ucap Gibran, ia masih menunggu izin usaha dari pemerintah setempat untuk memebuka gerai Markobar perdananya itu.

Meski masih menunggu izin, Gibran memastikan tidak akan mengadopsi konsep gerai Markobar menggunakan kontainer di Filipina. Sebab lokasi yang ia dapat berada di mall.

"Nanti bahan-bahannya kami akan bawa dari Indonesia semua. Iya sekaligus kenalkan kuliner Indonesia juga," ucap dia.

Martabak Markobar dikembangkan oleh Gibran pada 2015 lalu. hanya dalam tempo tiga tahun, kini bisnisnya sudah menjamah berbagai kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Surabaya, Medan, hingga Makassar.



Close Ads X