Perusahaan Bitcoin Tawarkan Rp 3,4 Miliar untuk Tangkap "Hacker" - Kompas.com

Perusahaan Bitcoin Tawarkan Rp 3,4 Miliar untuk Tangkap "Hacker"

Kompas.com - 12/03/2018, 16:09 WIB
Seorang Hacker sedang membajak salah satu situs. (123RF/ Andriy Popov) Seorang Hacker sedang membajak salah satu situs. (123RF/ Andriy Popov)

KOMPAS.com - Perusahaan trading bitcoin, Binance, menawarkan hadiah fantastis bagi orang yang bisa memberikan infromasi yang berguna untuk menjebloskan seorang hacker ke penjara.

Adapun besaran hadiah tersebut adalah 250.000 dollar AS atau setara dengan Rp 3,4 miliar. Namun hadiah ini hanya berlaku bagi orang pertama yang berhasil memberikan informasi tersebut.

Dana yang disiapkan oleh Binance tak sebatas hadiah itu saja. Perusahaan juga mengaku telah mengalokasikan dana cadangan senilai 10 juta dollar AS atau setara Rp 137 miliar sebagai lomba perburuan hacker di masa yang akan datang.

Sebagaimana dirangkum Kompas.com dari Bloomberg, Senin (12/3/2018), Binance bahkan turut mengajak berbagai perusahaan trading bitcoin lainnya untuk ikut serta mengeluarkah hadiah dalam perburuan hacker tersebut.

Baca juga : Ada Rumor Peretasan, Harga Bitcoin Sempat Anjlok ke 9.500 Dollar AS

"Kami menyambut keikutsertaan mereka, karena melindungi dana Anda selalu menjadi prioritas utama kami," demikian disampaikan melalui keterangan resmi mereka.

Sebelumnya pada pekan lalu, Binance memang menjadi target serangan hacker. Serangan tersebut, dan klaim bahwa Binance telah dibobol hacker atau peretas.

Klaim tersebut, ditambah sejumlah situasi lain, langsung membuat nilai tukar bitcoin merosot tajam, dari 10.600 dollar AS menjadi 9.400 dollar AS.

CEO Binance Changpeng Zhao kemudian mengeluarkan pernyataan bahwa upaya peretasan tersebut gagal, sehingga tidak terjadi masalah apa-apa. Efeknya, nilai tukar bitcoin kemudian kembali menguat ke 10.000 dollar AS.

Kompas TV Situs jejaring sosial Facebook resmi melarang penayangan iklan uang virtual seperti Bitcoin. Facebook menilai iklan Bitcoin cenderung menyesatkan konsumen.


Komentar
Close Ads X