"Fintech" TeleShop Hadir untuk Digitalisasi UMKM - Kompas.com

"Fintech" TeleShop Hadir untuk Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 13/03/2018, 10:54 WIB
Ilustrasi Fintechthinkstockphotos Ilustrasi Fintech

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan ekonomi digital di Indonesia semakin pesat. Akan tetapi, masih banyak usaha mikro kecil menengah ( UMKM) di Indonesia belum memanfaatkan teknologi digital untuk memajukan bisnisnya secara optimal.

Guna mengatasi persoalan tersebut, PT Tele Utama Nusantara (TUN) berkomitmen membantu UMKM mengembangkan usaha secara cepat, efektif, dan efisien melalui pemanfaatan ekonomi digital. TUN menawarkan TeleShop, sebuah layanan yang akan mendigitalisasikan pelaku UMKM sehingga dapat mengakses ekonomi digital secara optimal.

Dengan layanan TeleShop, UMKM siap beralih rupa menjadi e-UMKM atau UMKM elektronik. TeleShop menawarkan sebuah solusi berbasis teknologi (SOBATE). UMKM yang menjadi mitra TeleShop disebut sebagai Sobate-TeleShop.

Sejumlah kebutuhan konsumen dapat dilayani TeleShop, termasuk kebutuhan rutin seperti pembayaran listrik (dan token listrik), PDAM, Telepon, Leasing, pay-tv, dan lain-lain. TeleShop juga bisa digunakan untuk pembayaran asuransi dan BPJS. Transaksi lain seperti pembelian pulsa, paket data, voucher game juga dapat dilayani.

Baca juga : OJK Minta Fintech Edukasi Konsumen

Begitu pula keperluan travelling seperti tiket pesawat, kereta, kapal PELNI, atau kamar hotel. Ke depan, TeleShop akan dikembangkan ke lebih banyak merchant sesuai dengan rencananya menjadi merchant aggregator.

"Layanan melalui TeleShop juga dapat dilakukan secara cepat, selama 24 jam dalam tujuh hari. System teknologi yang digunakan terbukti aman dan hackproof," kata Slamet Riyadi, CEO Tun dalam pernyataannya, Selasa (13/3/2018).

Setiap transaksi akan dilindungi dengan system keamanan yang mutakhir dan menggunakan password, serta meliputi tiga lapis system keamanan. Khusus untuk perangkat TeleShop-5, struk pembelian dapat dicetak seketika.

Saat ini terdapat 25.000 mitra UMKM pengguna TeleShop di Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Ke depan, TeleShop terus memperkuat ekosistem digitalnya dengan menyasar sektor UMKM yang selama ini belum terjamah kalangan perbankan.

Baca juga : Imbangi E-Commerce Asing, Sri Mulyani Siapkan Insentif bagi UMKM

"Ke depan Teleshop juga akan menyediakan modal pinjaman Peer to Peer landing, untuk meningkatkan modal bagi pelaku UKM,” ujar Slamet.

TUN berdiri sejak tahun 2008 dan mengawali bisnis dalam pemasaran voucher elektronik secara nasional. TUN sendiri merupakan bagian dari PT Ti-Phone Mobile Indonesia Tbk.

Kompas TV Tingkat “Melek” Umkm Pada Internet Masih Rendah

 



Close Ads X