Genjot Penyaluran Kredit Usaha Rakyat, BNI Gandeng Go-Jek

Kompas.com - 13/03/2018, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan akses pembiayaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Dompet Anak Bangsa atau Go-Pay milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Go-Jek.

Adapun kerja sama tersebut, Go-Jek menyediakan dukungan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) berupa data transaksi mitra yang tergabung dalam layanan kuliner Go-Food.

SEVP Teknologi Informasi BNI, Dadang Setiabudi mengatakan, dalam kerja sama ini pihaknya akan menyediakan pembiayaan UMKM yang tergabung atau menjadi mitra Go-Food melalui skema KUR dengan suku bunga 7 persen per tahun.

"Akan kami laksanakan dengan konsep digital. Kami bersama dengan Go-Jek telah mengembangkan proses aplikasi (pengajuan kredit) yang mudah," ujar Dadang saat acara konfrensi pers kerja sama BNI dan Go-Pay di Pasaraya Blok M, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Baca juga: Dampingi UMKM, BNI Dirikan 44 Rumah Kreatif BUMN di Seluruh Indonesia

Dadang mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan keinginan pemeirntah yang menyalurkan KUR kepada sektor produktif. "Dengan menggandeng Gojek maka penetrasi KUR ke sektor produksi akan semakin terarah dan tepat sasaran," jelasnya.

Chief Commercial Expansion Go-Jek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, hingga hari ini telah ada 125.000 mitra yang tergabung dalam layanan pesan antar kuliner Go-Food dan sebesar 80 persen merupakan pelaku UMKM.

Chief Executive Officer Go-Pay, Aldi Haryopratomo mengatakan, pihaknya melihat terdapat tantangan dalam penyaluran KUR, baik dari sisi perbankan maupun dari pengusaha UMKM.

"Perbankan memiliki tantangan dalam penentuan target sasar UMKM yang Iebih tepat, sementara di sisi UMKM ada tantangan terkait kemudahan akses kepada kredit murah," ujar Aldi.

Baca juga: Berapa Kucuran Dana yang Diterima Go-Jek?

Menurut Aldi, jika dilihat lebih dalam, akar pemasalahannya adalahnya sejarah transaksi UMKM yang belum tercatat dengan baik.

"Di sini, Go-Pay berusaha menawarkan solusi. Dengan memanfaatkan data transaksi Go-Pay, perbankan bisa lebih mudah menilai kelayakan UMKM untuk menerima kredit. Sedangkan di sisi UMKM, mereka lebih mudah dalam mengakses kredit," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.