Ban Amblas, Pesawat Batik Air Gagal Terbang di Manokwari - Kompas.com

Ban Amblas, Pesawat Batik Air Gagal Terbang di Manokwari

Kompas.com - 13/03/2018, 15:27 WIB
Pesawat Batik Air yang tergelincir saat hendak take off di Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat, Selasa (13/3/2018).Kontributor Kompas TV Manokwari Budy Setiawan Pesawat Batik Air yang tergelincir saat hendak take off di Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat, Selasa (13/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Batik Air ID 6155 rute Manokwari-Sorong pada 12.50 WIT (Waktu Indonesia Timur), Selasa (13/3/2018), dinyatakan gagal terbang dan membatalkan penerbangannya.

Hal itu dikarenakan salah satu ban pesawat terkendala hingga sulit digerakkan ketika sedang berputar sebelum bersiap untuk lepas landas.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata ban sebelah kanan pesawat keluar dari landasan pacu kurang lebih 70 sentimeter, menyebabkan ban masuk atau amblas beberapa sentimeter," kata Corporate Communications Strategy Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa siang.

Danang menjelaskan, pesawat itu awalnya melayani penerbangan dari Surabaya dengan jenis Airbus 320 CEO. Ketika hendak terbang dari Manokwari menuju Sorong, terdapat 123 penumpang ditambah dengan tujuh awak kabin.

Baca juga : Korban Cedera Turbulensi Batik Air Sudah Diizinkan Pulang ke Rumah

Akibat peristiwa tersebut, seluruh penumpang dan awak kabin diantar kembali ke gedung terminal sembari menunggu penanganan pesawat berlangsung. Danang memastikan, semua penumpang dan awak kabin dalam keadaan selamat.

Kejadian ini juga berdampak terhadap penerbangan lain, yaitu untuk rute Sorong-Surabaya. Pihak Batik Air dan Lion Air Group menjamin penumpang yang ingin membatalkan penerbangannya atau pengembalian uang tiket secara penuh dan alternatif lainnya.

"Batik Air memohon maaf kepada para penumpang beserta seluruh pihak yang terganggu dengan adanya kejadian tersebut," tutur Danang.

Kompas TV Penumpang Batik Air Melahirkan di Pesawat



Close Ads X