Menkominfo: Proyek Palapa Ring Tuntas Akhir Tahun Ini - Kompas.com

Menkominfo: Proyek Palapa Ring Tuntas Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 14/03/2018, 13:30 WIB
Proyek Palapa Ring IIKominfo Proyek Palapa Ring II

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan proyek Palapa Ring akan tuntas di akhir tahun ini. Sehingga pada tahun depan seluruhnya bisa beroperasi.

"Diharapkan selesai semuanya akhir tahun, itu diharapkan 2019 selesai dan bisa beroperasi," ujar Rudiantara di Jakarta, Rabu (14/3/2018), seperti dikutip dari KONTAN.

Menurut dia, untuk Palapa Ring bagian barat pada pekan lalu sudah selesai dan telah commercial operation data (COD).

Saat ini juga tengah dilakukan pembangunan infrastruktur pendukung di wilayah barat. Nantinya akses Palapa Ring ini tidak hanya digunakan untuk selular tetapi juga untuk internet.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Satelit Pelengkap Palapa Ring

Sementara itu, saat ini untuk wilayah tengah dan timur tengah dilakukan penuntasan. proses pengerjaan tengah berlangsung. Harapannya proyek Palapa Ring ini bisa dimanfaatkan para operator ke depannya.

"Palapa Ring tengah dan di timur konstruksinya sudah 40 persen. Di sana yang paling susah," ujar Rudiantara.

Sebagai informasi, proyek Palapa Ring wilayah Timur ditargetkan akan rampung di tahun 2019 sehingga daerah-daerah yang berada di paket timur sudah dapat menikmati akses broadband.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia yang dibangun oleh Operator Telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh Pemerintah Ada tiga paket pembangunan yang disebut "Proyek Palapa Ring".

Ketiganya adalah Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

Baca juga : BNI Pimpin Sindikasi Proyek Palapa Ring Paket Timur Rp 4 Triliun

Proyek Palapa Ring Paket Timur akan menjangkau 35 kabupaten/kota yang tersebar dan menjangkau wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur (2 kabupaten), Maluku (3 kabupaten), Papua (23 kabupaten), dan Papua Barat (7 kabupaten).

Total panjang jaringan mencapai 8.454 km yaitu 50 persen merupakan kabel fiber optik laut, 45 persen kabel fiber optik darat, dan 5 persen microwave links. (Andy Dwijayanto)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Kominfo: Seluruh proyek Palapa Ring selesai akhir tahun pada Rabu (14/3/2018)

Kompas TV Indosat Beli Satelit dari Tiongkok


Sumber
Komentar
Close Ads X