Darmin: Program Peremajaan Kelapa Sawit Terus Berjalan - Kompas.com

Darmin: Program Peremajaan Kelapa Sawit Terus Berjalan

Kompas.com - 14/03/2018, 15:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution Saat menghadiri Munas Gapki diHotel Fairmont, Jakarta, Rabu (14/3/2018).  KOMPAS.com/ Achmad Fauzi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution Saat menghadiri Munas Gapki diHotel Fairmont, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, program peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting akan terus berjalan.

Menurut mantan Gubernur Bank Indonesia ini, program tersebut dilanjutkan di Provinsi Riau pada April 2018.

"Ya nanti (program replanting) April awal," kata dia saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Adapun replanting kebun kelapa sawit milik rakyat di Riau tersebar di lima kabupaten diantaranya, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, dan Pelalawan.

Baca juga: Ini Target Pungutan Sawit 2018

Dalam program tersebut, pemerintah akan menanam kembali bibit kelapa sawit di lahan yang sudah tersedia. Selain itu, pemerintah juga memberikan modal kepada petani yang diperuntukkan sebagai biaya perawatan kelapa sawit.

Terkait dengan status lahan, Darmin memastikan lahan kelapa sawit milik rakyat yang masuk ke dalam kawasan hutan lindung akan segera selesai. Nantinya, lahan yang berada di hutan lindung tetap akan menjadi lahan kelapa sawit.

"Kan dibilang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan diselesaikan. Pokoknya selesai, jangan tanya dulu bagaimana menyelesaikannya. Pokoknya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan commit selesai," sebut dia.

Sebelumnya, program replanting sempat ditunda karena Presiden Joko Widodo yang rencananya meluncurkan program tersebut, melakukan kunjungan kerja ke negara lain.

Pada tahun 2017, pemerintah telah melaksanakan program replanting yakni di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan seluas 4.446 hektar, dan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara seluas 9.109 hektar.



Close Ads X