Jumlah Trader Bitcoin Segera Lampaui Jumlah Investor di BEI - Kompas.com

Jumlah Trader Bitcoin Segera Lampaui Jumlah Investor di BEI

Kompas.com - 14/03/2018, 17:45 WIB
Sejumlah orang melintasi mesin ATM bitcoin di Hongkong. Gambar diambil pada 18 Desember 2017. AFP PHOTO/ANTHONY WALLACE Sejumlah orang melintasi mesin ATM bitcoin di Hongkong. Gambar diambil pada 18 Desember 2017.

KOMPAS.com - Para pengguna platform jual beli mata uang digital Bitcoin.co,id segera memiliki 1,5 juta pengguna dalam waktu dekat, atau melampaui jumlah investor di Bursa Efek Indonesia ( BEI) yang saat ini mencapai 1,18 juta investor.

Hal itu dikatakan Chief Executive Officer Bitcoin.co.id Oscar Darmawan, seperti dikutip dari Bloomberg. Platform Bitcoin.co.id sendiri mulai dibuka pada 2014 silam dan saat ini memiliki 1,14 juta investor.

Dalam Bitcoin.co.id tidak hanya memperdagangkan mata uang digital bitcoin saja, tetapi juga mata uang digital lain seperti ethereum dan ripple.

"Sekitar 3.000 anggota baru bergabung setiap hari. Kebanyakan memperdagangkan bitcoin walaupun transaksi ethereum juga meningkat," kata Oscar Darmawan.

Baca juga : Perusahaan Bitcoin Tawarkan Rp 3,4 Miliar untuk Tangkap Hacker

Bank Indonesia (BI) sendiri belum melarang perdagangan mata uang digital atau mata uang kripto, namun BI sendiri sudah mengingatkan bahaya perdagangan mata uang kripto ini serta melarangnya untuk ditransaksikan sebagai alat tukar.

Bitcoin.co.id sendiri menargetkan volume perdagangan mata uang kripto akan meningkat dari rerata Rp 100 miliar per hari menjadi dua kali lipat per hari.

Sebagai perbandingan berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), transaksi harian BEI mencapai 550 juta dollar di 2017 atau sekitar Rp 7,59 triliun per hari (kurs Rp 13.800).

Kompas TV Hanya rupiah yang diakui sebagai mata uang yang digunakan dalam transaksi keuangan di wilayah Indonesia.


Komentar
Close Ads X