Perlancar Lelang Aset, KPK-Kejagung Gandeng Kemenkeu

Kompas.com - 14/03/2018, 18:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kejaksaan Agung menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Keuangan untuk kerja sama proses lelang aset hasil tindak pidana di Kementerian Keuangan, Rabu (14/3/2018).

Melalui kerja sama itu, Kemenkeu melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara akan membantu teknis proses pelelangan yang selama ini masih ditemui sejumlah kendala, baik oleh KPK maupun Kejagung.

"Penandatanganan ini dilakukan guna meningkatkan koordinasi dan kerja sama, serta memperkuat komitmen pelaksanaan tugas dan fungsi ketiga institusi," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan sambutannya di acara tersebut.

Sri Mulyani menjelaskan, tanda tangan nota kesepahaman dilakukan dua kali, dengan masing-masing antara Kemenkeu dengan KPK dan Kemenkeu dengan Kejagung. Untuk poin kerja sama dengan Kejagung, turut menyepakati perlindungan atau bantuan hukum bagi pelaksana lelang yang terlibat masalah hukum perdata dan tata usaha negara.

Baca juga: Ketika Jaksa Agung Curhat Kecilnya Anggaran Kejagung ke Sri Mulyani

Sedangkan untuk kerja sama dengan KPK, fokusnya ada pada peningkatan pengembalian kerugian negara dari proses lelang aset hasil tindak pidana. Aset hasil tindak pidana termasuk yang berupa barang sitaan, rampasan negara, serta gratifikasi.

Harapannya, melalui kesepakatan kerja sama ini, metode lelang dapat dimaksimalkan sebagai untuk mengumpulkan penerimaan negara hingga sebagai sarana penuntasan masalah hukum dan kredit bermasalah (non performing loan) di perbankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.