Indonesia Paling Banyak Impor Laptop, Notebook, dan iPhone dari China

Kompas.com - 15/03/2018, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia masih menerima barang impor nonmigas paling banyak dari tiga negara utama, yaitu China, Jepang, dan Thailand.

Ketiga negara tersebut berkontribusi paling besar dibanding negara lain untuk posisi nilai impor Indonesia per Februari 2018.

"Berdasarkan negaranya, impor Indonesia paling besar berasal dari China (sebesar) 7,27 miliar dolar AS atau setara 29 persen. Ada beberapa barang yang memang kita impor dari sana, dua terbesar adalah laptop dan notebook kemudian juga iPhone," kata Kepala BPS Suhariyanto saat menggelar konferensi pers di kantor pusat BPS, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

Negara terbesar kedua setelah China adalah Jepang, dengan porsi 10,90 persen dan nilai impor mencapai 2,73 miliar dolar AS. Disusul negara terbesar ketiga, Thailand, dengan nilai impor 1,63 miliar dolar AS atau setara dengan 6,51 persen.

Baca juga : KPPU Awasi Masuknya Bawang Putih Impor di Tiga Pelabuhan

Adapun negara yang jadi pangsa impor nonmigas Indonesia sebagian besar berasal dari Asia Tenggara dengan total nilai 5,04 miliar dolar AS atau setara dengan 20,14 persen dari total keseluruhan negara pangsa impor. Sedangkan dari Uni Eropa berkontribusi 9,64 persen dengan nilai barang yang diimpor mencapai 2,41 miliar dolar AS.

Pada Februari 2018, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit 0,12 miliar dolar AS dibanding bulan Januari 2018. Kondisi ini menjadikan Indonesia secara berturut-turut selama tiga bulan terakhir mengalami defisit neraca perdagangan.

Defisit neraca perdagangan per Februari 2018 dipicu oleh defisit sektor migas sebesar 0,87 miliar dolar AS dan surplus neraca perdagangan sektor nonmigas 0,75 miliar dolar AS.

Kompas TV Ekspor Meningkat, Neraca Perdagangan Indonesia Surplus

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.