Kompas.com - 15/03/2018, 20:10 WIB
Ilustrasi: PT Semen Indonesia KOMPAS/HERPIN DEWANTOIlustrasi: PT Semen Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia bakal menunda proses akuisisi perusahaan di luar negeri karena kondisi bisnis semen cenderung kurang kondusif akibat over capacity atau pasokan melebihi jumlah permintaan.

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengatakan, rencana ekspansi tersebut pun terpaksa ditunda untuk waktu yang belum ditentukan. Pasalnya, jika dipaksakan terjadi, dikhawatirkan ekspansi itu malah akan berdampak buruk pada bisnis.

Over-capacity enggak hanya di Indonesia tapi seluruh asia selatan. Kita menunda ekspansi ke luar negeri karena over capacity, kalau dipaksa malah bakal menambah kapasitas yang tidak ter-utilisasi,” sebutnya saat ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis (15/3/2018).

Kondisi saat ini adalah produksi semen, baik di Indonesia atau di kawasan Asia Selatan sudah melebihi kebutuhan yang ada. Dengan demikian, akuisisi hanya akan menambah tekanan pada harga dan berdampak buruk pada bisnis.

Baca juga: Ini Rencana Bisnis Anak Usaha Semen Indonesia

Corporate Secretary Semen Indonesia, Agung Wiharto menambahkan pada 2017 lalu total konsumsi semen mencapai 66,5 juta ton. Sementara itu kapasitas terpasang produksi semen nasional berada di kisaran 106 juta ton.

Prediksi pertumbuhan konsumsi di 2018 mencapai 5 hingga 6 persen, yakni di kisaran 70 juta ton. “Dari kondisi seperti ini secara ekonomis tidak memungkinkan (ekspansi). Kita hold dulu, tidak tau sampai kapan,” ujar dia.

Sebelumnya, Semen Indonesia memiliki rencana ekspansi ke luar negeri. Salah satunya adalah mengakuisisi pabrik di Bangladesh, yang jika terjadi bakal meningkatkan kemampuan produksi perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.