Mengintip Kekayaan Mendiang Stephen Hawking

Kompas.com - 15/03/2018, 22:48 WIB
Kombinasi gambar yang dibuat pada Rabu (14/3/2018) ini menunjukkan foto-foto fisikawan besar Stephen Hawking saat menghadiri sejumlah kegiatan semasa hidupnya. Salah satu fisikawan teoritis paling ternama dalam sejarah ini meninggal dunia pada 14 Maret kemarin di usia 76 tahun, yang mengidap penyakit ALS atau Lou Gehrig sejak 1963. AFP PHOTO/COMBINATION - MULTIPLEKombinasi gambar yang dibuat pada Rabu (14/3/2018) ini menunjukkan foto-foto fisikawan besar Stephen Hawking saat menghadiri sejumlah kegiatan semasa hidupnya. Salah satu fisikawan teoritis paling ternama dalam sejarah ini meninggal dunia pada 14 Maret kemarin di usia 76 tahun, yang mengidap penyakit ALS atau Lou Gehrig sejak 1963.

LONDON, KOMPAS.com - Mendiang Stephen Hawking merupakan salah satu ilmuwan yang paling dikenal di seluruh dunia dan penilis buku sukses. Meskipun demikian, tidak banyak yang tahu berapa sebenarnya kekayaan fisikawan legendaris tersebut.

Jumlah kekayaan Hawking pun sudah lama menjadi spekulasi. Media Inggris, The London Evening Standard seperti dikutip dari Newsweek, Kamis (15/3/2018) mengestimasi kekayaan Hawking mencapai 5 juta poundsterling atau 6,9 juta dollar AS, setara sekira Rp 94,5 miliar (dengan kurs Rp 13.700 per dollar AS).

Sebagian besar kekayaan Hawking berasal dari penjualan buku yang ditulisnya pada tahun 1988, A Brief History of Time. Buku tersebut telah terjual sebanyak 10 juta eksemplar dan diterjemahkan ke 40 bahasa.

Selain itu, majalah Vanity Fair juga pernah mewartakan bahwa Hawking pun meraup kekayaan dari penjualan sejumlah buku lain yang ditulisnya. Hawking menulis buku berjudul Black Holes and Baby Universes, The Universe in a Nutshell, A Briefer History of Time, dan My Brief History.

Baca juga: Mengenang Stephen Hawking, dari Topik Bumi Datar hingga Peran Tuhan

Tak hanya itu, Hawking juga pernah menulis beberapa buku anak. Buku-buku tersebut ditulisnya bersama Lucy, putrinya.

Hawking pun sempat sering muncul di televisi dan tampil untuk mempromosikan produk. Kabarnya, ia memperoleh penghasilan tahunan sekitar 2 juta dollar AS.

Ada pula penghasilan Hawking dari pekerjaannya sebagi Profesor Lukasian Matematika di Cambridge University, Inggris. Times Higher Education mengabarkan, umumnya profesor di kampus ternama dunia tersebut memperoleh penghasilan 140.000 poundsterling.

Situs-situs berita selebriti bahkan menaksir kekayaan Hawking mencapai 90 juta dollar AS. Ada pula yang berspekulasi kekayaan Hawking mencapai 20 juta dollar AS.

Berapapun kekayaan yang dimiliki Hawking, faktanya ia pun merupakan sponsor dan penyumbang yang konsisten. Hawking mendirikan Stephen Hawking Foundation untuk memfasilitasi riset di bidang kosmologi, astrofisika, dan fisika partikel fundamental baik di sekolah maupun universitas.

Yayasan tersebut juga memfasilitasi dan mendukung karya yang terkait dengan penyandang Motor Neurone Disease. Hawking meninggal dunia pada Rabu (14/3/2018) di rumahnya di Inggris dalam usia 76 tahun. Ia meninggalkan tiga orang anak dan tiga orang cucu.

Kompas TV Salah satu ahli fisika asal Inggris, Stephen Hawking tutup usia di usia 76 tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Newsweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X