Menhub Turunkan Tarif Bus TransJabodetabek Premium Jadi Rp 10.000

Kompas.com - 19/03/2018, 05:35 WIB
Bus Transjabodetabek Premium yang sepi penumpang pada Senin (12/3/2018) KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan DBus Transjabodetabek Premium yang sepi penumpang pada Senin (12/3/2018)

BEKASI, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) menurunkan tarif Bus TransJabodetabek premium tujuan Bekasi-Jakarta. Hal ini dilakukan, karena tingkat keterisian penumpang bus atau okupansi masih rendah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan, sebelumnya tarif Bus TransJabodetabek dikenakan Rp 20.000 per perjalanan, namun tarif tersebut diturunkan menjadi Rp 10.000 per perjalanan.

"Ada satu yang belum maksimal, karena kami memberlakukan jalur khusus bus harapannya banyak yang menggunakan bus, tetapi tercatat okupansi hanya 30 persen," kata Budi Karya saat ditemui di Mega City Mal, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018).

"Jadi kami memikirkan itu, padahal Dari Perum PPD, Royal Bus, dan Blue Bird sudah menyediakan bus yang banyak. Sehingga kami memberikan kemurahan kepada penumpang," lanjut dia.

Baca juga: Kemenhub Pertimbangkan Terapkan Ganjil-Genap di Jagorawi

Selain itu, tutur Budi Karya, pihaknya juga menurunkan tarif parkir bagi penumpang Bus TransJabodetabek yang memarkirkan kendaraannya. Semula tarif parkir tersebut sebesar Rp 10.000 per kendaraan, namun kini diturunkan menjadi Rp 5.000 per kendaraan.

"Dengan cara ini kita ingin okupansi naik. Karena, Karena dari kota satu ke kota lain paling bagus naik bus," sebut dia.

Sekadar informasi, keberangkatan bus Transjabodetabek tujuan Bekasi-Jakarta terdapat di beberapa titik. Untuk keberangkatan bus dari Bekasi Barat dilakukan di tiga titik yaitu Summarecon, Mega City Bekasi, dan Taman Galaxy.

Sementara, Bekasi Timur memiliki dua titik keberangkatan yakni Bekasi Trade Center dan Grand Dhika.

Dengan tarif tersebut, pengguna bus Transjabodetabek Premium akan mendapatkan fasilitas Wi-Fi, charger, reclining seat, dan pendingin ruangan.

Pada titik-titik keberangkatan seperti di Summarecon, Mega City, Grand Dhika dan BTC terdapat kantong parkir bagi warga yang ingin menggunakan angkutan umum. Warga cukup menunjukkan karcis Transjabodetabek untuk mendapatkan tarif Rp 5.000 per kendaraan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X