Kompas.com - 19/03/2018, 08:36 WIB
Produk udang Panca Mitra Multiperdana yang diekspor ke Amerika Serikat. KOMPAS.com/BAMBANG PRIYO JATMIKOProduk udang Panca Mitra Multiperdana yang diekspor ke Amerika Serikat.

SITUBONDO, KOMPAS.com - PT Panca Mitra Multiperdana merupakan salah satu dari tiga besar eksportir udang nasional.

Perusahaan yang didirikan oleh Susilo Soebardjo pada 2004 ini memiliki strategi bisnis yang unik, sehingga bisa menjadi pemasok di perusahaan ritel AS Walmart.

President Director Panca Mitra Multiperdana Martinus Soebardjo mengatakan, Walmart merupakan salah satu pembeli produk perseroan. Di luar itu, ada juga perusahaan lain di AS yang mengambil produk udang dari perseroan.

Perusahaan AS itu antara lain Kroger, Ahold, Price Chopper, serta Gordon Food Service.

Baca juga: Pasca-Kasus Penembakan Massal Florida, Walmart Naikkan Batas Usia Pembeli Senjata

Di luar AS, Panca Mitra juga memasok udang ke negara lain. Di Jepang, perseroan telah menjalin kerja sama dengan Marubeni Corporation.

"Prinsip kami, bisnis itu harus fokus. Kami hanya fokus ke bisnis ekspor udang dan tidak bisnis lainnya," kata Martinus kepada media di sela-sela kunjungan pabrik, Minggu (18/3/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengungkapkan, karena fokus ke ekspor, perusahaan bahkan memilih untuk tidak memiliki tambak udang. Untuk pasokan, Panca Mitra mengambil udang dari perusahaan tambak udang yang menjadi mitra.

Ada sejumlah alasan bagi Panca Mitra tidak memiliki tambak. Di antaranya karena bisnis tambak udang terlalu membutuhkan perhatian yang "njlimet". Sehingga fokus bisnis ekspor udang bisa terabaikan.

Baca juga: Jokowi dan Ekonomi Udang Indonesia

Karena itu, Panca Mitra menggandeng perusahaan tambak udang skala besar yang ada di berbagai daerah. Perseroan juga melakukan sertifikasi atas tambak-tambak tersebut untuk memenuhi persyaratan regulasi di negara ekspor.

Sertifikat yang dimaksud adalah best aquaculture practices (BAP). Untuk Walmart, perusahaan ritel AS tersebut mensyaratkan BAP bintang 4 atas udang yang dipasok.

"Karena kami yang melakukan sertifikasi atas tambak-tambak tersebut, maka pemilik tambak harus menjual udangnya ke kami. Sehingga kami terus punya pasokan," kata dia.

Udang dari tambak yang ada di berbagai wilayah di Indonesia selanjutnya diproses di pabrik yang ada di Situbondo. Dari pabrik ini, produk yang sudah dikemas siap diekspor ke berbagai negara.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.