Harga Belum Turun, Darmin Minta Stok Beras Impor Segera Digelontorkan

Kompas.com - 19/03/2018, 11:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog) segera menggelontorkan beras impor yang jadi stok beras nasional. Hal itu dilakukan dalam rangka menekan harga beras yang masih tinggi di pasaran, terutama menjelang bulan puasa Mei 2018 mendatang.

"Saya sudah minta ke Kepala Staf Kepresidenan, ke satgas yang khusus menangani itu di Bulog, jangan digembok-gembok gudangnya," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Senin (19/3/2018) pagi.

Darmin menyebutkan, penempatan beras impor yang diputuskan pemerintah memang dalam rangka stabilisasi stok dan harga beras di pasaran. Upaya stabilisasi dibutuhkan karena masa panen raya yang tahun ini diperkirakan baru jatuh pada bulan April 2018.

Dia juga menekankan bahwa tidak perlu dipikirkan berapa banyak beras impor yang harus digelontorkan ke pasar. Beras impor harus segera diterjunkan secara terus-menerus hingga harganya di pasaran bisa normal kembali.

Baca juga: Soal Kualitas Beras, Ini Kata Dirut Bulog

"Sekarang saja harga beras belum turun kan, sehingga kami sekarang ini harus all out supaya harga turun sebelum bulan puasa," tutur Darmin.

Kompas TV Sebanyak 10 ribu ton beras impor asal India, kembali masuk ke wilayah Sumatera Utara.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.