Bank Mandiri Perbarui Laman dan Luncurkan "MITA"

Kompas.com - 19/03/2018, 14:36 WIB
Peluncuran laman baru Bank Mandiri dan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (19/3/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPeluncuran laman baru Bank Mandiri dan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (19/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memperbarui tampilan laman resminya dan menambah fitur Mandiri Intelligence Assistant (MITA). Layanan ini merupakan chatbot yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7 x 24 jam. 

Menurut Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono, chatbot MITA merupakan salah satu langkah transformasi digital Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien dan customer-oriented. 

“Kami yakin langkah ini dapat membantu perseroan memenangkan persaingan di industri keuangan. Sebab, layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi nasabah,” kata Ogi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Peluncuran chatbot customer service virtual MITA, lanjut Ogi, merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern.

Baca juga : Penetration Testing, Posisi Baru di Bank Buat Hacker

 

Ogi mencontohkan, pada tahun lalu, interaksi melalui layanan contact center digital Bank Mandiri, yakni email dan media sosial, mencapai 10 persen dari total interaksi ke contact center.

Adapun frekuensinya meningkat sekitar 40 persen dari tahun sebelumnya. Dari rasio tersebut, Interaksi nasabah di layanan e-mail dan media sosial terdiri atas permintaan informasi sebanyak 51 persen, permintaan bantuan 28 persen dan keluhan 21 persen.

“Artinya, kanal digital ini semakin diminati nasabah dan non-nasabah, seiring dengan perkembangan telepon seluler. Mudah-mudahan, chatbot yang memanfaatkan metode Natural Language Processing ini, dapat mempercepat dan memudahkan interaksi nasabah dengan bank,” ujar Ogi.

Selain mengenalkan layanan chatbot MITA, Bank Mandiri juga memperkenalkan perwajahan baru laman resmk. Langkah ini dilakukan Bank Mandiri untuk memudahkan masyarakat berinteraksi dan mencari informasi tentang Bank Mandiri, baik produk, layanan maupun informasi lain yang mendukung keterbukaan informasi perusahaan. 

Baca juga : Lewat Fiestapoin, Bank Mandiri Tingkatkan Loyalitas Nasabah

Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menjelaskan, perubahan perwajahan website ini merupakan respon perseroan atas masukan nasabah, stakeholder dan berbagai kalangan di masyarakat serta kajian internal perusahaan. 

“Melalui pembaruan ini, kami ingin meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan dan seluruh stakeholder, termasuk nasabah dan regulator. Kami pun terbuka atas ruang-ruang perbaikan lain guna mengembangkan website ini,” ungkap Rico. 

Bank Mandiri saat ini memiliki 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit hingga akhir Desember 2017. Adapun rata-rata pengunjung website Bank Mandiri tercatat 155.000 pengunjung per hari.

Kompas TV Kasus pembobolan dana nasabah lewat modus skimming juga pernah Bank BUMN sekitar 2 tahun lalu. Di antaranya adalah BRI dan Bank Mandiri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X