Tahun Ini Jasa Marga Akan Bangun Jalan Tol Sepanjang 337,12 Km

Kompas.com - 20/03/2018, 05:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2018 ini PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan pengembangan jalan tol sepanjang 337,12 kilometer (km). Tol Solo-Ngawi jadi yang terpanjang, mencapai 90,43 km.

Tol Ngawi-Kertosono menjadi yang terpanjang kedua, mencapai 87,02 km. Sedang tol Semarang-Solo seksi Salatiga Kartasuara menjadi yang terpanjang ketiga, yakni 32,65 km.

Emiten pelat merah ini menyiapkan dana investasi sekitar Rp 30 triliun untuk membangun jalan tol sepanjang itu.

"Sebesar 30 persen pendanaan berasal dari ekuitas, sisa 70 persen berasal dari pinjaman," ujar Sekretaris Perusahaan JSMR Mohamad Agus Setiawan seperti dikutip dari Kontan, Selasa (19/3/2018).

Baca juga: Saldo Pengendara Terpotong 2 Kali saat Bayar Tol, Jasa Marga Minta Maaf

Sehingga setidaknya dana sekitar Rp 9 triliun hingga Rp 10 triliun yang perlu didanai dari ekuitas. Namun, kebutuhan dana tersebut tak sepenuhnya ditanggung oleh JSMR sendiri melainkan dengan beberapa pihak yang menjadi pemegang konsensi masing-masing ruas tol.

Besarannya sesuai dengan kepemilikan saham di masing-masing konsensi. "Yang jelas, kami sebagai pemegang saham mayoritas," sebut Agus.

Mengenai dana, JSMR tidak memiliki kendala. JSMR masih memiliki kas dari pinjaman yang sudah ada. Kas dari penerbitan Komodo Bonds beberapa waktu lalu juga masih tersedia.

Agus mengatakan, jika masih kurang, penggalangan dana dari ekuitas juga akan dikejar. "Antara lain divestasi aset," kata Agus.

JSMR juga masih akan menjajaki jenis pendanaan lain. Sayang, manajemen belum bersedia memperinci bentuk pendanaan lain yang tengah dijajaki perusahaan saat ini.

Sebagai informasi, belanja modal atau capital expenditure (capex) JSMR tahun ini sekitar Rp 32 triliun. (Dityasa H Forddanta)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Jasa Marga akan bangun 337 km tol tahun ini

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.