Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Jasa Marga Akan Bangun Jalan Tol Sepanjang 337,12 Km

Kompas.com - 20/03/2018, 05:35 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2018 ini PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menargetkan pengembangan jalan tol sepanjang 337,12 kilometer (km). Tol Solo-Ngawi jadi yang terpanjang, mencapai 90,43 km.

Tol Ngawi-Kertosono menjadi yang terpanjang kedua, mencapai 87,02 km. Sedang tol Semarang-Solo seksi Salatiga Kartasuara menjadi yang terpanjang ketiga, yakni 32,65 km.

Emiten pelat merah ini menyiapkan dana investasi sekitar Rp 30 triliun untuk membangun jalan tol sepanjang itu.

"Sebesar 30 persen pendanaan berasal dari ekuitas, sisa 70 persen berasal dari pinjaman," ujar Sekretaris Perusahaan JSMR Mohamad Agus Setiawan seperti dikutip dari Kontan, Selasa (19/3/2018).

Baca juga: Saldo Pengendara Terpotong 2 Kali saat Bayar Tol, Jasa Marga Minta Maaf

Sehingga setidaknya dana sekitar Rp 9 triliun hingga Rp 10 triliun yang perlu didanai dari ekuitas. Namun, kebutuhan dana tersebut tak sepenuhnya ditanggung oleh JSMR sendiri melainkan dengan beberapa pihak yang menjadi pemegang konsensi masing-masing ruas tol.

Besarannya sesuai dengan kepemilikan saham di masing-masing konsensi. "Yang jelas, kami sebagai pemegang saham mayoritas," sebut Agus.

Mengenai dana, JSMR tidak memiliki kendala. JSMR masih memiliki kas dari pinjaman yang sudah ada. Kas dari penerbitan Komodo Bonds beberapa waktu lalu juga masih tersedia.

Agus mengatakan, jika masih kurang, penggalangan dana dari ekuitas juga akan dikejar. "Antara lain divestasi aset," kata Agus.

JSMR juga masih akan menjajaki jenis pendanaan lain. Sayang, manajemen belum bersedia memperinci bentuk pendanaan lain yang tengah dijajaki perusahaan saat ini.

Sebagai informasi, belanja modal atau capital expenditure (capex) JSMR tahun ini sekitar Rp 32 triliun. (Dityasa H Forddanta)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Jasa Marga akan bangun 337 km tol tahun ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com