Kompas.com - 20/03/2018, 09:35 WIB
Deretan rak bahan pangan yang nyaris kosong di sebuah supermarket di Caracas, Venezuela, pada 11 Januari 2018. Juan Barreto / AFPDeretan rak bahan pangan yang nyaris kosong di sebuah supermarket di Caracas, Venezuela, pada 11 Januari 2018.

CARACAS, KOMPAS.com - Inflasi tahunan di Venezuela hingga akhir Februari 2018 lalu mencapai 6.147 persen. Angka ini berdasarkan estimasi yang dilakukan Majelis Nasional yang dipimpin partai oposisi, dirilis baru-baru ini dan sejalan dengan angka yang diprediksi para ekonom independen.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/3/2018), inflasi indeks harga konsumen (IHK) Venezuela pada bulan Februari 2018 saja tercatat sebesar 80 persen. Hal ini seiring dengan krisis ekonomi yang menyebabkan jutaan warga Venezuela kesulitan membeli bahan-bahan pangan dasar dan obat-obatan.

"Jika kenaikan harga terus berlanjut, bersiap-siaplah inflasi mencapai 131.985 persen pada tahun 2018," kata pejabat oposisi dan ekonom Angel Alvarado dalam cuitan pada akun Twitter pribadinya.

Sejumlah kritik pun menuding kontrol mata uang yang ketat dan pencetakan uang secara berlebihan menjadi biang keladi inflasi hingga mencapai ribuan persen. Kebijakan kontrol mata uang secara berlebihan dimulai 15 tahun lalu oleh mendiang presiden Hugo Chaves.

Baca juga: Hiperinflasi, Harga Sepotong Daging di Venezuela Mencapai Jutaan Bolivar

Nilai tukar mata uang bolivar pada tahun 2017 saja melemah 98 persen terhadap dollar AS. Artinya, upah minimum di Venezuela hanya setara beberapa dollar AS dalam sebulan.

Pemerintahan Presiden Nicolas Maduro menyalahkan bencana ekonomi yang dialami Venezuela karena masalah perang dagang yang disulut oposisi dan para pemimpin bisnis. Kondisi ini, kata pemerintahan Maduro, didukung pula oleh AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama dua tahun terakhir, pemerintah tidak merilis data resmi terkait inflasi. Menurut kalkulasi Majelis Nasional, pada akhir tahun 2017 lalu Venezuela telah memasuki kondisi hiperinflasi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.