Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Menteri Basuki soal Sri Mulyani yang Selalu Berdiri di Bawah Plang Proyek

Kompas.com - 20/03/2018, 12:02 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut punya cara yang khas untuk mengingatkan peran pajak sebagai salah satu instrumen penerimaan negara yang memberi sumbangsih besar bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat ditemui pewarta di kantornya, Selasa (20/3/2018) siang.

"Setiap Bu Menteri Keuangan mengunjungi proyek, selalu beliau berdiri di bawah plang proyek yang ada tulisan, proyek ini dibiayai dari pajak Anda," kata Basuki.

Di setiap plang pengerjaan proyek pemerintah memang tertulis keterangan dari mana sumber pembiayaannya, yakni dari APBN tahun tertentu.

Melalui tulisan itu menurut Basuki, sebenarnya ingin mengingatkan siapapun yang membaca bahwa uang pajak dari masyarakat akan kembali ke masyarakat melalui fasilitas dan pembangunan lain yang dilakukan oleh pemerintah.

Baca juga; Sri Mulyani: Sumber Kekayaan Bukan Lagi Tambang Emas, tapi Data

"Pajak jadi sumber utama APBN kita. Prioritasnya ada di pembangunan infrastruktur, dari tahun 2015 selalu naik. Di PU saja sekitar Rp 106 triliun, sumber utamanya dari pajak," tutur Basuki.

Basuki turut mengajak agar masyarakat selaku Wajib Pajak (WP) selalu taat dan menunaikan kewajiban sesuai ketentuan yang berlaku. Salah satunya adalah dengan melapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2017, di mana batas waktu bagi WP Orang Pribadi 31 Maret dan WP Badan 30 April 2018.

Kompas TV Sri Mulyani bahkan menyebut informasi itu adalah berita bohong atau hoaks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com