PapeRun 2017, APP Sinar Mas dan Kompas Gramedia Sumbang Ribuan Buku

Kompas.com - 20/03/2018, 16:57 WIB
Para peserta berpartisipasi dalam acara Paperun, Charity Fun Run 5k di Qbig, BSD, Tangerang, Banten, Minggu (22/10/2017). Acara yang dipersembahkan  Kompas dan Asia Pulp & Paper (APP) Sinarmas ini mengajak peserta berlari sejauh 5 kilometer, yang ditujukan untuk membantu meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPara peserta berpartisipasi dalam acara Paperun, Charity Fun Run 5k di Qbig, BSD, Tangerang, Banten, Minggu (22/10/2017). Acara yang dipersembahkan Kompas dan Asia Pulp & Paper (APP) Sinarmas ini mengajak peserta berlari sejauh 5 kilometer, yang ditujukan untuk membantu meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menindaklanjuti kegiatan Charity Fun Run 5K PapeRun 2017, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan Harian Kompas dan Kompas Gramedia mendonasikan 60 paket buku kepada 60 Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Kegiatan seremonial pengiriman donasi buku oleh Tim #AkuBaca ini dilakukan di Gedung Pos Jakarta, dan diterima oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk dikirimkan ke TBM sasaran.

Kegiatan bertajuk “Buku Bergerak untuk Nusantara” ini merupakan bentuk partisipasi dari publik dalam rangka meningkatkan literasi di Indonesia melalui event PapeRun 2017.

PapeRun 2017 merupakan ajang bagi masyarakat untuk menyalurkan kepeduliannya dalam pengembangan literasi di Indonesia.

Baca juga : Paperun, Berlari untuk Meningkatkan Minat Baca

Biaya pendaftaran yang terkumpul dari PapeRun2017 dikontribusikan untuk pengadaan buku-buku untuk didonasikan ke berbagai TBM melalui program #AkuBaca.

#AkuBaca merupakan sebuah gerakan literasi yang diinisiasi oleh Kompas Gramedia dan bersinergi dengan masyarakat serta berbagai pihak lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak digulirkan pada 17 Mei 2017, gerakan ini berjalan secara intensif dan berkesinambungan yang bertujuan untuk memajukan literasi di Indonesia, khususnya dalam penumbuhan minat baca masyarakat.

“Buku Bergerak ini merupakan turunan #AkuBaca yang berfokus pada peningkatan akses masyarakat terhadap bacaan, dimana Tim #AkuBaca melakukan penggalangan donasi buku-buku dari publik maupun dari institusi. Salah satunya dari event PapeRun 2017, yang tentunya akan menambah kekayaan buku-buku untuk taman baca di seluruh Nusantara“, ujar Viola Oyong, Corporate Communications Manager Kompas Gramedia dalam keterangannya, Selasa (20/3/2018).

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata turut mengungkapkan kesan positifnya terhadap program kolaborasi ini.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah,” ujar Suhendra.

“Buku merupakan kunci untuk meraih masa depan kita, dengan membaca seseorang tidak hanya menambah pengetahuan diri namun juga akan mampu berbuat sesuatu untuk mengubah masa depannya,” lanjutnya.

Tiap paket Buku Bergerak yang disalurkan berisi sekitar 35-50 buku, dengan total buku yang disalurkan sejumlah 2500-3000 eksemplar. Buku yang dikirimkan merupakan jenis buku edukasi, sejarah, ilmu pengetahuan, novel, dan sebagainya.

Pengiriman 60 paket buku dilakukan secara bertahap selama satu semester ke depan. Pada periode bulan Maret ini, 20 paket Buku Bergerak dikirimkan untuk 20 TBM di berbagai daerah.

Kompas TV Untuk meningkatkan minat baca, ratusan buku dibagian oleh relawan literasi nusantara, Aku Baca Kompas Gramedia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.