Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PapeRun 2017, APP Sinar Mas dan Kompas Gramedia Sumbang Ribuan Buku

Kompas.com - 20/03/2018, 16:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menindaklanjuti kegiatan Charity Fun Run 5K PapeRun 2017, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan Harian Kompas dan Kompas Gramedia mendonasikan 60 paket buku kepada 60 Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Kegiatan seremonial pengiriman donasi buku oleh Tim #AkuBaca ini dilakukan di Gedung Pos Jakarta, dan diterima oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk dikirimkan ke TBM sasaran.

Kegiatan bertajuk “Buku Bergerak untuk Nusantara” ini merupakan bentuk partisipasi dari publik dalam rangka meningkatkan literasi di Indonesia melalui event PapeRun 2017.

PapeRun 2017 merupakan ajang bagi masyarakat untuk menyalurkan kepeduliannya dalam pengembangan literasi di Indonesia.

Baca juga : Paperun, Berlari untuk Meningkatkan Minat Baca

Biaya pendaftaran yang terkumpul dari PapeRun2017 dikontribusikan untuk pengadaan buku-buku untuk didonasikan ke berbagai TBM melalui program #AkuBaca.

#AkuBaca merupakan sebuah gerakan literasi yang diinisiasi oleh Kompas Gramedia dan bersinergi dengan masyarakat serta berbagai pihak lainnya.

Sejak digulirkan pada 17 Mei 2017, gerakan ini berjalan secara intensif dan berkesinambungan yang bertujuan untuk memajukan literasi di Indonesia, khususnya dalam penumbuhan minat baca masyarakat.

“Buku Bergerak ini merupakan turunan #AkuBaca yang berfokus pada peningkatan akses masyarakat terhadap bacaan, dimana Tim #AkuBaca melakukan penggalangan donasi buku-buku dari publik maupun dari institusi. Salah satunya dari event PapeRun 2017, yang tentunya akan menambah kekayaan buku-buku untuk taman baca di seluruh Nusantara“, ujar Viola Oyong, Corporate Communications Manager Kompas Gramedia dalam keterangannya, Selasa (20/3/2018).

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata turut mengungkapkan kesan positifnya terhadap program kolaborasi ini.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah,” ujar Suhendra.

“Buku merupakan kunci untuk meraih masa depan kita, dengan membaca seseorang tidak hanya menambah pengetahuan diri namun juga akan mampu berbuat sesuatu untuk mengubah masa depannya,” lanjutnya.

Tiap paket Buku Bergerak yang disalurkan berisi sekitar 35-50 buku, dengan total buku yang disalurkan sejumlah 2500-3000 eksemplar. Buku yang dikirimkan merupakan jenis buku edukasi, sejarah, ilmu pengetahuan, novel, dan sebagainya.

Pengiriman 60 paket buku dilakukan secara bertahap selama satu semester ke depan. Pada periode bulan Maret ini, 20 paket Buku Bergerak dikirimkan untuk 20 TBM di berbagai daerah.

Kompas TV Untuk meningkatkan minat baca, ratusan buku dibagian oleh relawan literasi nusantara, Aku Baca Kompas Gramedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com