Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I 2018, Bank Mandiri Kejar Pertumbuhan Kredit Hingga 8 Persen

Kompas.com - 21/03/2018, 20:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 7-8 persen pada semester I 2018. Hal ini memperhatikan mulai menggeliatnya sejumlah sektor perekonomian pada awal tahun 2018.

"Kami harapkan 7-8 persen. Kuartal I 2018 biasanya agak slow (lambat)," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dalam konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Rabu (21/3/2018).

Kartika menyebutkan, beberapa segmen penyaluran kredit terpantau masih lambat hingga kuartal I 2018. Segmen tersebut antara lain konsumer dan menengah.

Sementara itu, segmen korporasi, seperti infrastruktur, telekomunikasi, dan properti sudah mulai terpantau tinggi. Hanya saja, penarikannya masih cenderung lambat mengikuti siklus penarikan belanja modal (capital expenditure) yang biasanya terjadi pada bulan Maret 2018.

Baca juga: Pungut Biaya Pengisian Ulang Go-Pay, Ini Penjelasan Bank Mandiri

Dengan demikian, Kartika memprediksi puncak permintaan dan penyaluran kredit baru akan terjadi pada kuartal II dan III 2018. Sementara itu, segmen-segmen mikro dan konsumer sudah terpantau tinggi penyalurannya sejak awal tahun.

"Khususnya di kredit serbaguna dan KUR (Kredit Usaha Rakyat). Consumer dan mortgage juga tumbuh di atas double digit," jelas Kartika.

Sepanjang tahun 2017 lalu, Bank Mandiri berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 729,5 triliun. Capaian tersebut tumbuh sebesar 10,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com