Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kelebihan Indonesia di ASEAN

Kompas.com - 21/03/2018, 20:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

SUBANG, KOMPAS.com - Sebagai negara dengan luas dan jumlah penduduk paling besar di Asia Tenggara, Indonesia tetap mempunyai kelebihan ketimbang negara-negara di kawasan tersebut. Pertimbangan ini menjadi salah satu yang dipegang oleh Chairman Celxpert Energy Corporation Steve Huang. "Pasar di Indonesia kan besar," tuturnya saat peresmian pabrik pembuat baterai lithium itu di Kabupaten Subang, Jawa Barat, hari ini.

Steve yang saat itu didampingi oleh founder dan pemimpin Columbia Group Leo Chandra mengatakan bahwa Indonesia sudah puluhan tahun menjadi tempat berinvestasi penanam modal asing (PMA). "Tenaga terampilnya sudah jadi dan jumlahnya banyak," tutur Steve.

Steve menjelaskan, tahun ini pihaknya memulai membuka pabrik dan berinvestasi di Indonesia. Untuk perwujudan itu hingga sekitar tiga tahun ke depan, pihaknya menyiapkan dana investasi hingga 20 juta dollar AS.

Pabrik di Subang berada di atas tanah seluas tiga hektar. Luasan bangunan pabriknya mencapai satu hektar. "Kami akan menjadikan pabrik di sini lebih besar dari pusat kami di Taiwan," tutur Steve.

Saat ini, terang Steve, lini produksi baterai lithium untuk ponsel cerdas berproduksi hingga 5.000 unit per hari. Celxpert Energy Corporation masuk ke Indonesia menggandeng Columbia Group.

Mengutip laman kontan.co.id,  Columbia menjual aneka perabot rumah tangga, barang elektronik, ponsel, dan alat musik, baik secara kontan maupun kredit. Barang-barang tersebut didatangkan langsung dari pabrik yang bekerjasama dengan Colombia, baik berupa barang impor maupun buatan lokal.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com