Lion Air Group Terima Pengiriman Perdana Boeing 737 MAX 9

Kompas.com - 22/03/2018, 12:00 WIB
Pesawat Lion Air di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (12/7/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pesawat Lion Air di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (12/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat asal AS Boeing dan Lion Air Group menyepakati pengiriman perdana pesawat Boeing 737 MAX 9. Lion Air Group merupakan operator pertama di dunia yang mengoperasikan pesawat tersebut.

Pesawat akan dioperasikan oleh Thai Lion Air untuk memperkuat network yang sudah ada sekaligus akan meluncurkan beberapa rute domestik, regional atau internasional.

"Boeing 737 MAX 9 sangat cocok untuk bisnis kami yang sedang berkembang di Thailand," kata Capt. Darsito Hendro Seputro, CEO and Chairman Thai Lion Air dalam pernyataan resminya, Kamis (22/3/2018).

Darsito menuturkan, Boeing 737 MAX 9 akan menjadi salah satu kekuatan armada Thai Lion Air dalam menambah kapasitas angkutan penumpang dan kargo. Ini pun sejalan dengan ekspansi berupa membuka penerbangan baru ke Banglades, China, dan India.

Baca juga : Singapore Airlines Layani Penerbangan ke Osaka dengan Armada Boeing 787

Lion Air Group merupakan pelanggan pertama Boeing dalam peluncuran perdana Boeing MAX 9. Grup perusahaan yang berbasis di beberapa negara kawasan Asia Tenggara ini juga menjadi operator pertama yang menambahkan Boeing 737 MAX 8 ke dalam layanan operasional.

Lion Air Group juga telah mengumumkan komitmennya untuk mendatangkan 50 Boeing 737 MAX 10. Grup maskapai ini memiliki pesanan tambahan 1.273 pesawat seri MAX, jumlah tersebut menjadikan Lion Air Group sebagai salah satu operator terbesar di dunia.

"Lion Air Group merupakan maskapai percontohan yang mengandalkan keluarga Boeing 737 MAX dalam menyediakan solusi layanan selama penerbangan melalui armada bertipe kabin lorong tunggal (single aisle)," sebut President and CEO Boeing Commercial Airplanes, Kevin McAllister.

Baca juga : BTN Berikan Fasitas KPR ke Karyawan Lion Air Group

McAllister mengungkapkan, Lion Air Group akan mendapatkan nilai dan manfaat lebih dari kemampuan jelajah serta kapasitas MAX, antara lain efisiensi maupun keandalan terbaik di industri aviasi ini.

Boeing 737 MAX 9 memiliki desain konfigurasi hingga 220 kursi penumpang dan jangkauan penerbangan maksimum 3.550 mil laut. Dengan tiga baris kursi tambahan dari pengembangan Boeing 737 MAX 8, pesawat ini menawarkan kemampuan lebih seiring untuk memaksimalkan profitabilitas dalam operasional maskapai.

Kompas TV Tiongkok Uji Coba “Nose Wheel” Pesawat Komersil Pertama




Close Ads X