Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Fintech, Daya Pikat Pembayaran Non-Tunai

Kompas.com - 23/03/2018, 13:46 WIB
Aprillia Ika

Editor

Sumber AFTECH

KOMPAS.com - Industri teknologi finansial (tekfin/fintech) di Indonesia masih didominasi oleh sektor payment (pembayaran).

Hal ini sesuai temuan Consumer Payment Attitudes Study 2016 dari Visa yang menyebutkan adanya perkembangan signifikan dimana 80 persen masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan pembayaran non-tunai dibandingkan dengan uang tunai.

Angka ini lebih tinggi dibadingkan tahun 2015 yang baru mencapai 69 persen. 

Pergeseran preferensi penggunaan layanan pembayaran non-tunai utamanya banyak ditemukan pada generasi milenial yang memang tidak bisa lepas dari gadget.

Inovasi Tekfin Pembayaran

Fintech pembayaran tak berhenti berevolusi karena segendang-sepenarian dengan laju teknologi.

Sebelumnya, kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine) berhasil mendorong gerakan non-tunai. Hanya dengan menggesekkan kartu ATM di mesin EDC dan memasukkan PIN maka transaksi pembayaran pun beres.

Baca juga : Indonesia Kalah dari Thailand dan Vietnam dalam Pembayaran Elektronik

 

Kartu kredit pun menjadi alternatif pembayaran yang umum digunakan karena menawarkan banyak keuntungan, salah satunya promo seperti cicilan 0 persen hingga potongan harga atau cashback di merchant.

Namun, teknologi terus bergerak maju. Saat ini, layanan tekfin pembayaran pun sudah lebih beragam. Mulai dari e-money, e-wallet, hingga pembayaran melalui kode QR (Quick Response) sudah dapat dinikmati oleh masyarakat.

Di pasar yang sudah lebih maju, inovasi tekfin pembayaran bahkan sudah berkembang hingga teknologi pengenalan wajah (face recognition system) yang memungkinkan seseorang melakukan transaksi pembayaran melalui pindai wajah.

Varian tekfin pembayaran juga merambah ke pasar modal melalui aplikasi. Sambil melakukan investasi di reksadana pasar uang, masyarakat bisa juga bisa memanfaatkan dana yang ada di reksadana tersebut untuk pembayaran non-tunai seperti di e-commerce dan pembayaran-pembayaran lainnya.

Menawarkan teknologi contact-less module yang lebih nyaman, cepat dan mudah, pembayaran non-tunai yang ditawarkan oleh tekfin memungkinkan pembayaran dilakukan semudah menyentuhkan (tap) e-money atau dengan satu klik dari e-wallet yang dibenamkan di sebuah ponsel pintar.

Tidak dapat dipungkiri, pembayaran non-tunai berhasil memikat masyarakat melalui segala kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. Pembelian dan pembayaran kini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Didukung sistem mutasi dan pelaporan yang bersifat real time, teknologi ini juga dapat membantu pengguna untuk momonitor langsung pengeluaran mereka dan mengatur pengeluaran dengan lebih bijak.

Di sisi lain, pembayaran non-tunai juga bisa meminimalkan kerugian akan kehilangan uang sekaligus menghidari aksi kejahatan.

Halaman:
Sumber AFTECH



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com