Pengaturan Logistik di Indonesia Masih Perlu Pembenahan

Kompas.com - 23/03/2018, 17:58 WIB
Ilustrasi: PT Semen IndonesiaKOMPAS/HERPIN DEWANTO Ilustrasi: PT Semen Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengaturan arus kinerja logistik di Indonesia masih perlu pembenahan. Menurut catatan Adel Rahadi, CEO  PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, dalam rilis yang diterima Kompas.com hari ini, salah satu yang dibidik perusahaannya adalah soal kebutuhan truk pada pemilik barang serta kebutuhan muatan pada perusahaan transportasi melalui teknologi informasi.

"Jika utilisasi truk semakin membaik, hal itu akan berimbas pada pendapatan," kata Adel Rahadi.

Bertolak dari situlah, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, telah mengembangkan aplikasi logistik bernama EPOOOL. Perusahaan tersebut bergerak di bidang Information Communication dan Technology (ICT).

EPOOOL akan membantu menyelesaikan permasalahan tingginya harga pengiriman dan sulitnya mencari alat angkut di Indonesia.

Data dari catatan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia menunjukkan utilisasi truk barang di Indonesia rata-rata 40 persen, sisanya menganggur. Dengan menggunakan aplikasi ini, harap Adel, pengusaha truk perlahan akan bersedia menurunkan ongkos angkutnya. Sehingga, ekosistem logistik akan berjalan dengan baik.

"Bisa dikatakan membentuk menurunkan biaya logistik dari sektor transportasi," tutur Adel.

Adel juga menambahkan, visinya melalui platform ini untuk menekan biaya logistik minimal 25 persen dari sebelumnya. Pasti nantinya akan dapat mengurangi harga pokok barang yang berdampak pada turunnya harga jual barang. "Apabila itu bisa terjadi tentu daya beli masyarakat akan meningkat," ujarnya.

Ia memberi contoh, harga semen per sak biasanya Rp 60.000 bisa turun menjadi Rp 50.000. Dampaknya bertahap akan memberi pengaruh terhadap perekonomian dalam negeri. Cita-citanya memang tidak selalu berorientasi pada bisnis tapi tetap ada idealismenya. Sebab diharapkan melalui platform ini tercipta ekosistem logistik yang efisien di Indonesia.

e-marketplace

Ilustrasi: truk kontainer KOMPAS.COM/KIKI ANDI PATI Ilustrasi: truk kontainer

Dengan visi menjadi platform dan penyedia solusi dalam permasalahan logistik yang terjadi pada level enterprise hingga individual, EPOOOL memang berbeda dari perusahaan logistik yang telah eksis di Indonesia yang hanya menyediakan angkutan sebagai jasa pengiriman barang.

EPOOOL akan menjadi wadah online atau e-marketplace antara pemilik barang dan pemilik jasa angkutan truk di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan transportasi tidak perlu menunggu pada titik-titik pemberhentian, dan akan secara otomatis dapat melihat permintaan angkut dari para pemilik barang. Hal tersebut tentunya akan memotong waktu tunggu dan memperbesar kemungkinan pemlilik transportasi dalam mendapatkan muatan balik atau lanjutan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X