Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Bintan New Airport, 150 Juta Dollar AS Disiapkan

Kompas.com - 23/03/2018, 20:10 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com -Pihak PT Bintan Aviation Investments memastikan untuk mendanai seluruh pembangunan Bintan New Airport di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Besaran investasi yang dilakoni oleh Bintan Aviation mencapai ratusan juta dollar AS dengan target pembangunan bandara selesai tahun 2020.

"Investasi tahap awal 150 juta dollar AS," kata Managing Director PT Bintan Aviation Investments Michael Wudy saat ditemui di tengah kunjungannya ke lokasi proyek Bintan New Airport, Jumat (23/3/2018).

Wudy menyebutkan, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II untuk proyek ini. Nantinya, AP II akan menjadi operator bandara tersebut yang sekaligus menambah jumlah bandara di bawah pengelolaan AP II.

Adapun di Provinsi Kepulauan Riau sudah ada Bandara Raja Haji Fisabilillah yang berlokasi di Kota Tanjung Pinang. Namun, kehadiran Bintan New Airport yang sama-sama ada di Kepulauan Riau dinilai akan saling mendukung satu sama lain karena perannya yang berbeda.

Baca juga: AP II Gandeng Grup Salim Bangun Bintan New Airport

"Konsep Bintan New Airport adalah bandara yang mendukung kegiatan wisata resort di Bintan, bukan bandara umum seperti di Tanjung Pinang. Bandara Raja Haji Fisabilillah ke depan juga disiapkan jadi feeder ke rute-rute domestik," tutur Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam kesempatan yang sama.

Sebagai gambaran, Bintan New Airport akan memiliki satu gedung terminal dengan satu landasan pacu atau runway sepanjang 3.000 meter. Penerbangan yang akan dilayani di Bintan New Airport adalah rute domestik dan internasional, serta mampu mengakomodasi penerbangan untuk pesawat berbadan lebar atau wide body dari luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com