Penonaktifan Kartu ATM BRI untuk Nasabah yang Terindikasi Terkena "Skimming"

Kompas.com - 24/03/2018, 19:16 WIB
Tips bertransaksi aman di ATM BRI. Twitter/KontakBRITips bertransaksi aman di ATM BRI.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menonaktifkan kartu debit nasabah untuk alasan keamanan transaksi. Informasi terkait penonaktifan kartu tersebut dikirim BRI kepada nasabah melalui pesan singkat (SMS).

Direktur Digital Banking & Information Technology BRI Indra Utoyo menjelaskan, SMS tersebut tidak dikirim kepada seluruh nasabah BRI. Hanya nasabah yang terindikasi terkena kejahatan skimming yang menerima SMS tersebut.

"(Penonaktifkan kartu) dimaksudkan sebagai tindakan preventif atas kartu-kartu yang pernan digunakan bertransaksi di lokasi ATM yang diindikasikan terkena skimming," kata Indra kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Sabtu (24/3/2018).

Baca juga : Nasabah BRI Mulai Terima SMS, Kartu ATM Tak Bisa Digunakan

Beberapa waktu lalu marak terjadi kejahatan skimming. Data dan dana nasabah yang tersimpan di dalam kartu berpita magnetik dicuri dengan menggunakan perangkat skimmer yang dipasang di mesin ATM.

Indra menjelaskan, penonaktifan kartu juga dimaksudkan sebagai upaya percepatan migrasi kartu dari teknologi pita magnetik ke teknologi cip. Teknologi cip diyakini dapat mengurangi risiko skimming.

Adapun Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto menjelaskan, sebagai upaya preventif BRI untuk mengamankan dana nasabah dan proses penggantian kartu bagi kartu nasabah yang diduga terindikasi skimming, BRI memohon kesediaan para nasabah yang telah menerima pesan singkat untuk segera ke kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan penggantian kartu.

Baca juga : Sejumlah Upaya BRI Halau Kejahatan Skimming ATM

Proses penggantian kartu dilakukan tanpa dikenakan biaya apapun. Bambang menjelaskan, notifikasi pemberitahuan terus dilakukan melalui SMS blast, layar ATM BRI serta akun media sosial BRI.

"Sosialisasi juga dilakukan melalui pegawai BRI yang telah secara aktif memberitahukan kepada para nasabah sejak 2 hari yang lalu," jelas Bambang.

Pada akhir pekan ini, unit kerja BRI tetap buka untuk melayani kebutuhan penggantian kartu nasabah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X