2017, Total Laba Seluruh BUMN Capai Rp 173 Triliun

Kompas.com - 25/03/2018, 22:53 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno TRIBUNNEWS/DANY PERMANAMenteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut total laba seluruh BUMN yang ada di Indonesia sepanjang tahun 2017 tercatat tumbuh di atas 10 persen. Pertumbuhan tersebut dinilai Rini sebagai hasil dari upaya sinergi yang selalu digenjot dalam beberapa tahun belakangan ini.

"Nilai total laba dari 143 perusahaan BUMN pada 2017 sebesar Rp 173 triliun atau naik lebih dari 10 persen," kata Rini saat menghadiri BUMN Fun Bike dan Pesta Kuliner di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (25/3/2018).

Capaian ini juga sekaligus menandai Hari Ulang Tahun ke-20 BUMN yang bersamaan pula dengan HUT 24 BUMN lainnya pada bulan Maret ini. Rini berpesan, seluruh perusahaan BUMN harus saling bersinergi dan menjadi pelaku utama di Indonesia dalam segala aspek bidang pembangunan.

"Dengan sinergi BUMN, yang rugi menjadi untung. Tahun ini adalah tahun kebersamaan, sehingga tahun depan saat perayaan HUT BUMN lagi, seluruh BUMN akan jadi keluarga besar yang mensejahterakan," tutur Rini.

Baca juga: 4 Bank BUMN Bagikan Dividen Rp 27,6 Triliun

Rini menyebutkan, dari total 143 BUMN, jumlah perusahaan yang merugi hingga akhir 2017 adalah 12, meleset tipis dari jumlah yang ditargetkan yaitu 10 perusahaan.

Dia mendorong agar tahun ini jumlah perusahaan BUMN yang merugi bisa semakin berkurang, terlebih ditambah tidak ada sekat lagi antara masing-masing BUMN dan persaingan tidak sehat yang sempat terjadi dulu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X