Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines Jadi Pengguna Pertama Boeing 787-10 Dreamliner

Kompas.com - 26/03/2018, 13:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NORTH CHARLESTON, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat asal AS Boeing mengirimkan pesawat berbadan lebar (wide body) terbarunya yang termasuk dalam seri Dreamliner, yakni 787-10. Maskapai yang menerima pengiriman pertama Boeing 787-10 tersebut adalah Singapore Airlines.

Seperti dikutip dari USA Today, Senin (26/3/2018), seremoni pengiriman perdana tersebut dilakukan di pabrik Boeing di North Charleston, negara bagian South Carolina, Minggu (25/3/2018) waktu setempat. Sejumlah pegawai Boeing, pegawai Singapore Airlines, dan tamu undangan lainnya menyaksikan seremoni pengiriman perdana tersebut.

"Ini adalah suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi maskapai pertama di dunia yang menerima pengiriman pesawat baru yang menakjubkan ini," ujar CEO Singapore Airlines Goh Choon Phong.

Boeing 787-10 merupakan varian ketiga rangkaian pesawat jet terbaru Boeing. Sebelumnya, Boeing telah meluncurkan pesawat berbadan lebar dengan ukuran yang lebih kecil, yakni 787-8 dan 787-9.

Baca juga: Lion Air Group Terima Pengiriman Perdana Boeing 737 MAX 9

Pesawat Boeing 787-10 dapat menampung 330 penumpang dengan konfigurasi dua kelas. Adapun pesawat Boeing 787-10 yang dikirim kepada Singapore Airlines akan memiliki 337 kursi penumpang dengan konfigurasi baru untuk penerbangan hingga 8 jam dan tampilan interior kabin untuk pesawat baru ini bakal diumumkan pada pekan depan.

Boeing sendiri menikmati kuatnya penjualan pesawat seri Dreamliner. Saat ini, Boeing telah menjual hampir 1.300 unit pesawat seri Dreamliner kepada maskapai di seluruh dunia.

Dari angka tersebut, sekitar 170 unit yang dijual adalah seri 787-10. Pengiriman perdana kali ini menandai dimulainya pengiriman 49 unit pesawat Boeing 787-10 yang dipesan Singapore Airlines.

Boeing merancang pesawat seri Dreamliner dengan mengedepankan efisiensi operasional dan kenyamanan penumpang, antara lain jendela yang lebih besar dan tingkat kelembaban yang lebih nyaman. Adapun pesawat Boeing 787 dirancang untuk penerbangan jarak jauh.

Dengan pengiriman pesawat Boeing 787-10 kali ini, Singapore Airlines menjadi maskapai pertama di dunia yang memiliki ketiga varian Dreamliners, yakni Boeing 787-8, 787-9, dan 787-10. Dua seri yang pertama disebutkan bakal dioperasikan oleh maskapai penerbangan murah milik Singapore Airlines, Scoot.

Kompas TV Pesawat model terbaru diperlihatkan melalui ajang tahunan Dubai Airshow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com