Ini Tips dan Pilihan Pinjaman Tanpa Riba

Kompas.com - 29/03/2018, 09:02 WIB
Ilustrasi uang pixelheadphotoIlustrasi uang

KOMPAS.com - Mau cari  pinjaman tanpa riba? Pinjaman ini tidak menerapkan sistem bunga sehingga Anda bisa lebih ringan mengembalikan pinjaman. Apa saja jenis pinjaman tanpa riba?

Memang sih, kebanyakan jenis pinjaman yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan saat ini menawarkan bunga. Bunga inilah yang disebut oleh sebagian orang sebagai riba. 

Buat Anda yang menginginkan pinjaman tanpa riba, masih ada alternatifnya kok. Jika Anda sedikit berusaha, cukup banyak tersedia pinjaman yang tidak mengenakan bunga atau riba.

Hanya saja tentunya Anda perlu paham betul seperti apa prosedur dan jenis pinjamannya
Sebelum Anda mengajukan pinjaman tanpa riba, tentunya Anda harus tahu dengan jelas detail dan persyaratannya terlebih dahulu.

Baca juga : Dokter Tolak Pasien karena Takut Riba, Ini Komentar BPJS Kesehatan

 

Dan sama halnya dengan pinjaman non syariah lain, Anda harus memiliki sejumlah pertimbangan sebelum akhirnya mengambil pinjaman syariah tanpa riba. Ketahui apa saja pertimbangan pentingnya, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Ketahui nominal yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman tanpa riba adalah mengetahui dulu besarnya dana yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda membutuhkan dana untuk belanja bulanan.

Maka hitunglah kebutuhanmu dengan tepat dan kapan Anda akan mengembalikan pinjamannya. Hal ini akan meminimalisir risiko yang terjadi dan tentunya akan menghindarkan Anda dari jerat hutang kan?

2. Membandingkan dengan opsi berbeda

Ada baiknya sebelum Anda mengajukan pinjaman tanpa riba dan sudah menjelajahi berbagai jenis dan produknya Anda bandingkan terlebih dahulu. Manakah produk pinjaman tanpa riba yang cocok dengan kebutuhanmu saat ini?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X