Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain BRI, 8 Merek Bank di Indonesia Ini Juga Diakui Dunia

Kompas.com - 29/03/2018, 10:36 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Bank pelat merah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berada di peringkat teratas daftar "The Most Valuable Bank Brands" di Indonesia menurut riset "Brand Finance Top 500 Most Valuable Bank Brands 2018" pada Rabu (28/3/2018).

Berdasarkan hasil riset tersebut, BRI juga menempati peringkat empat dari daftar merek bank paling berharga di seluruh Asia Tenggara.

Secara keseluruhan di dunia, Bank BRI menempati peringkat 82 atau naik dibandingkan dengan posisi tahun lalu yakni 89.

Nah, selain BRI ada delapan bank di Indonesia lain yang masuk dalam penghargaan top 500 most valueable banking di dunia.

Delapan bank ini diantaranya adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Danamon Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) dan PT Bank OCBC NISP Tbk.

Baca juga : BRI, Merek Paling Bernilai di Indonesia, 5 Besar di Asia Tenggara

Dari jajaran 10 bank besar di Indonesia hanya tiga bank yang tidak masuk dalam daftar 500 merek ternama ini. Tiga bank tersebut yakni PT Bank Permata Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Riset Brand Finance Top 500 Most Valuable Bank Brands 2018 Dok. Kontan Riset Brand Finance Top 500 Most Valuable Bank Brands 2018
BRI tercatat memimpin di Indonesia dengan posisi 82 sebagai bank dengan merek paling berharga. Valuasi merek BRI diperkirakan 3,1 miliar dollar AS atau senilai Rp 44 triliun, tumbuh 24 persen dibandingkan tahun lalu.

Setelah BRI, daftar bank lokal yang paling bernilai ini disusul BCA dengan posisi 101, Bank Mandiri urutan 105, BNI 152, Bank Danamon 261, Bank Panin 369, Bank BTN 422, BTPN 429 dan Bank OCBC NISP 492.

Baca juga : BRI Siap Salurkan Student Loan Sesuai Instruksi Presiden

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto sebelumnya menyatakan bahwa hasil riset ini merupakan sinyal positif akan keberadaan BRI yang kian diakui di kancah internasional.

"Merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi kami. Pencapaian ini juga semakin memotivasi kami untuk terus fokus terhadap pemberdayaan UMKM serta mengakselerasi digitalisasi” kata dia melalui keterangan tertulis, seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Brand Finance Banking 500 adalah studi tahunan yang dilakukan oleh Brand Finance, konsultan penilaian merek dan strategi terkemuka di dunia, dan diterbitkan dalam majalah The Banker.

Dalam penelitian ini, bank-bank terbesar dunia diberi peringkat berdasarkan nilai merek mereka, dengan hasil yang mencerminkan tren industri dan menunjukkan perkembangan di masa depan. (Galvan Yudistira)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Selain BRI, ini bank di Indonesia yang diakui dunia pada Rabu (28/3/2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com