Pertama dalam 70 Tahun, Pramugari Cathay Pacific Boleh Kenakan Celana Panjang

Kompas.com - 30/03/2018, 22:16 WIB
Maskapai penerbangan Cathay Pacific. AFPMaskapai penerbangan Cathay Pacific.

HONGKONG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Cathay Pacific dan Cathay Dragon akan memberikan opsi bagi semua pegawai wanitanya yang berseragam untuk mengenakan celana panjang. Ini adalah langkah pertama perubahan yang dilakukan Cathay Pacific dalam lebih dari 70 tahun sejarahnya.

Mengutip South China Morning Post, Jumat (30/3/2018), pembicaraan untuk mengakhiri aturan yang hanya memperbolehkan pegawai wanita mengenakan rok sukses dilakukan antara pihak Cathay Dragon dan serikat pekerja kru kabin. Adapun staf frontline dan staf darat Cathay Pacific dan Cathay Dragon juga boleh mengenakan celana panjang.

Awal bulan ini, serikat pramugari Cathay Dragon menuntut diperbolehkannya mengenakan celana panjang saat bekerja. Permintaan publik pun muncul, meminta kru wanita diperbolehkan mengenakan celana panjang.

"Perusahaan setuju untuk mempertimbangkan opsi seragam celana panjang untuk kru wanita. Ini akan berlaku pada pembaruan seragam berikutnya," tulis Asosiasi Kru Kabin Hong Kong Dragon Airlines dalam pernyataannya.

Baca juga : Terbesar dalam 9 Tahun, Cathay Pacific Catat Kerugian Rp 2,1 Triliun

Juru bicara Cathay Pacific pun menyatakan ada kesepakatan yang dicapai mengenai opsi seragam celana panjang. "Kami senang bahwa telah tercapai kesepakatan mengenai masalah yang mengemuka ini," ujar pihak maskapai.

Pihak Cathay Pacific menyatakan, adalah sebuah hal yang penting bahwa pegawai tak hanya merasa bangga mengenakan seragam maskapai, namun juga merasa nyaman dan berdaya untuk menjalankan tugas sesuai kemampuan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cathay Pacific dan Cathay Dragon bergabung dalam jajaran maskapai lainnya di Asia yang memperbolehkan pramugari mengenakan celana panjang. Maskapai lainnya adalah Korean Air dan Asiana, keduanya adalah maskapai asal Korea Selatan.

Kompas TV Nyak Sandang salah satu warga asal Aceh telah dipenuhi permintaannya oleh Presiden Joko Widodo berupa operasi mata.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.