Kompas.com - 03/04/2018, 14:39 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan meminta pelaku e-commerce yang bergerak di marketplace untuk memasarkan produk hasil buatan narapidana.

Hal itu  untuk mendorong penjualan produk buatan napi atau warga binaan yang banyak diproduksi di tiap lembaga pemasyarakatan (lapas) melalui program lapas produktif dan lapas industri dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Kami akan mintakan semua marketplace untuk memasarkan dan menjual produk-produk tersebut," kata Enggar saat menghadiri acara Pameran Produk Unggulan Narapidana di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2018).

Enggar menyebutkan, nantinya akan ada tahapan seleksi yang dilakukan bersama pihak terkait untuk memilih produk mana yang bisa masuk dan dipasarkan melalui marketplace. Tahapan seleksi produk akan dilakukan bersama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian.

Baca juga: Pulpen Buatan Napi akan Diproduksi Besar-besaran

"Jadi, apa yang sudah dihasilkan oleh para warga binaan, akan saya ambil di ujungnya untuk dijual," tutur Enggar.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengungkapkan, sudah banyak produk buatan napi yang dijual di pasar domestik maupun mancanegara. Dari sejumlah produk unggulan, akan dipilih oleh pihaknya untuk dikembangkan lagi melalui kerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain akan menjembatani ke marketplace, Enggar juga memastikan menyediakan tempat bagi produk buatan napi untuk dipamerkan di Trade Expo Indonesia 2018. Enggar turut menjanjikan membantu segala hal yang diperlukan untuk mendorong ekspor produk buatan napi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.